Sabtu, 28 Oktober 2017

Darimana Warna-warna Berasal?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Ilustrasi warna - artidarimimpi.com
Dalam kehidupan sehari-sehari, warna-warna selalu menemani kehidupan Manusia pada umumnya. Dimana laut dan langit berwarna biru, daun berwarna hijau, api berwarna merah, dan lihatlah bunga-bunga yang penuh warna.

Perbedaan warna-warna pada lingkungan sekeliling kita, pernah tidak kamu bertanya darimana warna tersebut berasal?

Tentu jawabannya ialah warna berasal dari Yang Maha Pencipta. Karena segala sesuatu hal di dunia ini berasal dari-Nya.

Meskipun begitu, tentu kita juga tidak salah mempelajari asal-usul warna ini berasal. Akan sangat menarik jika kita menyimak penjelasan ilmiah darimana warna berasal, berikut ini...



Warna yang bermacam-macam ini bermula dari sinar Matahari. Cahaya Matahari sebenarnya berwarna putih. Meskipun cahaya putih, namun cahaya Matahari ini mereflesikan seluruh warna. Jika diuraikan menjadi warna pelangi.

Dikutip dari website yohanessurya.com (27/10/2017) Cahaya Matahari terdiri atas berbagai gelombang. Ketika cahaya Matahari mengenai suatu benda, benda itu akan memantulkan sebagian atau seluruh gelombang cahaya tersebut. Ketika suatu benda hanya memantulkan gelombang dengan panjang gelombang sekitar 400 nanometer (1 nanometer = sepersemilyar meter), maka gelombang ini akan mengenai mata kita. Oleh otak kita, gelombang ini diinterpretasikan sebagai warna biru. Sehingga kita akan melihat benda itu berwarna biru. Kalau panjang gelombang yang dipantulkan sekitar 700 nanometer, benda akan terlihat berwarna merah. Benda akan terlihat warna putih jika memantulkan semua gelombang dan akan berwarna hitam jika menyerap semua gelombang.

Dari berbagai gelombang cahaya,  salah satu ada yang bisa kita lihat dan lainnya merupakan gelombang yang tidak bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Gelombang cahaya yang bisa kita lihat ialah cahaya putih. Terletak diantara ultraviolet dan infrared. Penting diketahui, gelombang cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.

Gelombang cahaya - blog.zakwannur.com

Pertanyaannya, jika benar semua warna yang dilihat merupakan cahaya putih, bagaimana mungkin daun bisa berwarna hijau?

Alasan mengapa daun terlihat berwarna hijau - blog.zakwannur.com


Perlu kamu tahu, daun berwarna hijau justru karna daun menolak/memantulkan warna hijau dan menyerap warna lainya. Sehingga warna hijau lah yang ditanggap oleh mata kita. Mengenai mengapa daun memantulkan warna hijau, tentu karena kandungan zat yang ada pada daun tersebut, seperti klorofil.

Dan terkait perbedaan warna, manusia juga bisa berbeda persepsi memahami warna. Sesuai informasi dari blog.zakwannur.com (27/10/2017) Faktanya semakin kita mempelajari macam-macam warna, semakin sensitif kita dalam membedakan warna itu. Seperti seorang desainer, biasanya mereka mengenal detail warna yang berbeda padahal bagi orang lain warna itu sama saja.

Kesimpulanya, boleh jadi warna ini merupakan sebuah ilusi. Warna yang kita yakini merah, barangkali orang lain menyebutnya berbeda. Benda-benda dilingkungan sekitar kita, boleh jadi tidak berwarna bila tidak ada cahaya Matahari. Meski di malam hari kita masih bisa melihat benda-benda berwarna dengan bantuan lampu listrik, namun kecerahannya akan berbeda dengan cahaya Matahari langsung 
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga