Friday, March 27, 2020

Indonesia Sering Disebut Juga Sebagai Ibu Pertiwi, Siapakah Sebenarnya Ibu Pertiwi Tersebut?

Indonesia Sering Disebut Juga Sebagai Ibu Pertiwi, Siapakah Sebenarnya Ibu Pertiwi Tersebut?


Citra seorang wanita atau seorang dewi agung dalam busana tradisional kuno zaman kerajaan Hindu-Buddha di Monumen Nasional, Jakarta yang merupakan penggambaran populer Ibu Pertiwi di Indonesia.

Kenalkah kamu dengan Ibu Pertiwi? Atau pernahkah kamu mendengar istilah "kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi" bagi mereka yang sudah merantau di luar negeri, bagi mereka yang dulu pernah niat makar atau ketika Republik Indonesia kembali memiliki saham mayoritas atas Freepot, Papua ; "Freeport kembali kepangkuan Ibu Pertiwi".

Saat pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti sekarang. Di media massa sering diputarkan lagu " Ibu Pertiwi". Sungguh menyentuh sekali lagu tersebut. Terlebih saat-saat sulit.

Indonesia juga kerap disebut "Bumi Pertiwi". Lalu pertanyaannya, siapakah Ibu Pertiwi? Mengapa nama Pertiwi disamakan dengan nama Indonesia?

Ibu Pertiwi merupakan personifikasi nasional Indonesia, sebuah perwujudan tanah air Indonesia. Sejak masa prasejarah, berbagai suku bangsa di kepulauan Nusantara sudah menghormati roh alam dan kekuatan bumi, mereka mengibaratkannya sebagai ibu yang memberikan kehidupan, sebagai dewi alam dan lingkungan hidup. Setelah diserapnya pengaruh Hindu sejak awal millenia pertama di nusantara, dia dikenal sebagai Dewi Pertiwi, dewi bumi.

Penyebutan Ibu Pertiwi sebagai personifikasi Indonesia ternyata sarat sejarah dan budaya nenek moyang negeri ini. Bahkan sebelum Indonesia masih disebut Nusantara, ah lebih jauh dari itu ternyata.

Dalam hal ini, bangsa Indonesia ternyata amat menghargai sejarah dan kebudayaan. Penyebutan "Ibu Pertiwi" masih lestari bahkan diabadikan dalam lagu kebangsaan.

Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan bertema patriotik, seperti lagu "Ibu Pertiwi" dan "Indonesia Pusaka". Dalam lagu kebangsaan "Indonesia Raya", lirik dalam bait "Jadi pandu ibuku", kata "ibu" di sini merujuk kepada Ibu Pertiwi. Meskipun Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan, perwujudan fisik dan citranya jarang ditampilkan di media massa Indonesia.

Nah, bagaimana? Sudah kenalkah dengan Ibu Pertiwi?

Sumber & referensi
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ibu_Pertiwi

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel 1,2 GB Hingga 30 GB

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel 1,2 GB Hingga 30 GB

Dukung kebijakan work from home, ini cara Telkomsel.Kuota Gratis Telkomsel/Foto: Telkomsel

Provider Telkomsel memberikan kuota gratis kepada para pelanggannya sebanyak 30 GB. Kuota gratis Telkomsel diberikan sebagai upaya mendukung work from home (WFH) yang didorong pemerintah.
Selain pekerja, pelajar juga diharuskan belajar dari rumah selama dua minggu. Kuota gratis Telkomsel 30 GB diberikan kepada para pelajar untuk mengakses Ruangguru. Kemudian ada juga paket khusus mengakses Quipper, Zenius, hingga Bahaso secara gratis. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona yang saat ini tengah menyebar di dunia.

Cara mendapatkan kuota gratis Telkomsel 2020:

1. Buka Aplikasi

Pertama, untuk mendapatkan kuota gratis Telkomsel dengan membuka aplikasi My Telkomsel. Aplikasi tersebut dapat didownload di App Store dan Play Store pada HP kamu.

2. Pilih Paket

Buka aplikasi dan pilih menu di My Telkomsel. Klik 'Yang Terbaru dari Telkomsel' dan pilih 'Terus Belajar' untuk kuota gratis Telkomsel Ruangguru, 'Ilmu Pedia' untuk akses gratis Zenius, dan lain-lain.

3. Aktifkan

Klik 'Aktifkan' untuk mendapatkan kuota gratis Telkomsel sebesar 30 GB. Tunggu pemberitahuan aktif paket beberapa saat. Terakhir, nikmati kuota gratis Telkomsel dengan mengakses website Ruangguru hingga Zenius secara gratis.


Selamat menikmati!

Cara mendapatkan kuota internet gratis Telkomsel semua jaringan 2020:

1. Buka Aplikasi


Pertama, untuk mendapatkan kuota gratis Telkomsel dengan membuka aplikasi ROLi Telkomsel. Aplikasi tersebut dapat didownload di Play Store atau klik disini.

2. Registrasi

Daftar akun ROLi menggunakan nomor Telkomsel. Masukan data yang diperlukan. Kemudian klaim 5000 poin pertama. Poinnya nanti setelah cikup bisa ditukarkan paket internet, nelpon dan sms gratis 

3. Mengikuti berbagai aktivitas berhadiah

Setelah berhasil instal aplikasi ROLi. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk aplikasi. Melakukan berbagai aktivitas beradiah, seperti main games, isi survey, ajak teman, kuis dan lainnya.

4. Aktifkan terus aplikasi ROLi di smartphone kamu dan enjoy!

Secara otomatis kuota internet gratis sebesar 1,2 gb akan masuk ke nomor Telkomsel kamu. Asalkan kamu terus menginstal aplikasi ROLi di smartphone kamu.

Gampang sekali, silakan download aplikasi ROLi disini

Thursday, March 26, 2020

#IniHoaxGak Katanya Ada Lintah di Kangkung dan Hidup di Perut ?

Seberapa pun bencinya saya sama hoax. Namun tetap saja saya gak bisa cuek gitu aja sama hoax. Rasanya ingin berbuat sesuatu untuk ini.

Saya terinspirasi dengan Pak Topo alias Sutopo, Ketua Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Beliau giat sekali mencerahkan kami-kami yang kerap dikelabui oleh berita hoax. Seperti baru-baru ini Pak Topo lewat akun Twitter @Sutopo_PN miliknya mengklarifikasi hoax korban jatuhnya pesawat Lion Air. Sudah saya bahas juga di artikel #PernahMikirGak Kenapa Orang Sampai Tega Bikin Hoax Korban Lion Air

Nah, kali ini saya akan bikin bantahan salah satu kasus hoax yang bisa dibilang dekat dengan kehidupan sehari-hari saya sendiri. Hoax ada linta kangkung.


Menurut saya hoax semacam ini "lemah" sekali daya tipu-tipunya. Namun ternyata orang-orang dekat saya ada yang termakan juga.

Ngomong-ngomong nih, hoax ada linta di sayur kangkung ini cerita lama. Lamalah pokoknya, sebelum negara api menyerang. Hehe..

Namun ciri khas hoax ialah "daur ulang". Berita atau cerita lama dimuat ulang dan diubah sedikit saja disana-sini. Kali saja masih ada yang ketipu. Share sebanyak mungkin dan diulang terus membuat orang akan berpikir "benar juga ya".
Nah hati-hati, ini salah satu the power of hoax.

Seperti hoax ada linta di kangkung ini. Meski sudah lama, namun masih kerap di share ulang.
Makanya saya coba imbangi dengan bantahannya. Walau ini sudah jelas nyata hoax, tak ada salahnya untuk mengetahui klarifikasinya agar kalau ada orang yang masih ngeyel, kita ada bahan argumen.
Jadi berikut ini ada salinan dari narasi hoax lintah pada kangkung yang sering melalang buana di jagad maya.

HATI-HATI mengkonsumsi kangkung….!!!
Kangkung, Petis kangkung, Kangkung Tumis, dll yg berkaitan dgn KANGKUNG, mgkn cerita ini dapat menjadi pertimbangan bagi ANDA sekalian ketika ANDA hendak makan KANGKUNG.
Suatu hari, di klinik yg terkenal di Malaysia, semua Dokter kebingungan karena ada seorang anak kecil yg menderita sakit perut. Anak itu di bawa ke klinik oleh Ortu nya setelah 2 hari menderita DIARE. Sudah bermacam obat sakit perut yg diberikan kpd anak itu, namun DIARE tidak kunjung sembuh.
Kemudian Ortu anak tersebut di tanya oleh Dokter “makanan apa yg di makan oleh anak tersebut selama 2 hari ini?” Ortu anak itu kebingungan, karena sejak anaknya DIARE , anak tersebut tak mau makan, dia hanya minum susu putih, itu pun muntah.

Setelah di periksa, ternyata sebelum menderita DIARE, malam tersebut anak itu makan kangkung tumis di restoran bersama Ortu nya. Dokter segera melakukan X-RAY, ternyata dalam usus anak tersebut telah berkembang biak LINTAH dengan anaknya yang kecil2.

Dokter menyerah dan menyatakan tidak sanggup mengambil tindakan medis apapun. Akhirnya anak kecil malang itu pun MENINGGAL DUNIA.

Setelah di periksa ulang, ternyata lintah itu sebelumnya berada di dalam batang kangkung yg besar. Memang, untuk penggemar kangkung tumis yg paling enak adalah BATANGNYA.

Lintah yg berada di dalam batang kangkung itu tidak akan mati walau di masak selama 20 menit, apalagi untuk kangkung tumis proses memasak tidak terlalu lama agar menghasilkan rasa kangkung yg sedap. Lintah hanya akan MATI jika DI BAKAR.

Di dalam usus anak kcil tadi, lintah hanya butuh waktu 1 - 2 hari untk berkembang biak.
Jika ada keluarga teman2 yg mengalami hal tersebut lakukan tindakan dengan memberi minum air rendaman tembakau (bisa diambil dari rokok kretek) biasanya lintah” akan keluar dan dlm keadaan mati.

Kabarkan kepada teman, sahabat, keluarga, atau siapapn yg anda kenal.

Oke, saya tahu Plukers seperti mau muntah baca narasi hoax diatas. Mari kita bantah bersama berikut ini..

1. Dari bahasanya saja, sudah ketahuan hoax nya. Disitu disebutkan "suatu hari di klinik terkenal Malaysia". Hello, ini sangat konyol. Terasa sekali kesan mendongengnya. Suatu hari itu kapan? Bisa 1, 2, 10, bahkan 100 tahun yang lalu.

Dan keterangan tempatnya juga gak jelas. "Di klinik terkenal Malaysia" itu dimana coba?. Sangat susah sekali untuk telusuri lebih jauh.

Kurang ajarnya lagi. Berita hoax seperti ini kerab keluar dalam berbagai variasi. Lokasinya bisa berganti, kadang di Jakarta, Jogja sampai Singapura. Dan ini sudah jelas gak benernya. Karena berita valid akan jelas menyebut keterangan tempat dan waktu. Agar bisa dipertanggung jawaban.

2. Secara normal ketika sayur dimasak, bakteri yang terkandung akan mati. Gak itu aja, Lintah saja bila diberi garam sudah mati. Apalagi bila sudah dimasak terus di kasih garam.

Katakanlah beberapa orang masak gak pakai garam. Terus ini Lintah punya ilmu kebal, gak mati meski sudah dimasak. Tetapi tidak bila sudah masuk ke perut dan berhadapan dengan asam lambung.

3. Ini juga saya baru tahu. Disitu disebutkan "dokter menggunakan X-ray. Memangnya X-ray bisa untuk melihat objek lunak tanpa tulang belakang seperti Lintah. Atau pembuat hoax kangkung ber-Lintah ini lupa kalau Lintah gak punya tulang belakang. Seharusnya dokter jangan menggunakan X-ray bila ingin melihat Lintah.

4. Dan yang paling gak masuk akal. Disitu juga disebutkan "memberi minum air rendaman tembakau (bisa diambil dari rokok kretek)" sebagai penawar bila Lintah terlanjur masuk ke perut.

Sejak kapan tembakau apalagi ini dari rokok kretek yang biasanya mengandung racun, dimana air rendamannya bisa jadi obat. Sembuh kagak, makin sakit iya.

Bila memang tembakau bisa jadi obat. Itu untuk obat luar, bukan diminum. Rendaman pembalut kali ah kalau diminum.

5. Disebut dalam narasi hoax "lintah berkembang biak dalam waktu 1-2 hari". Faktanya Lintah bisa berkembang biak jika usianya sudah mencapai 6 bulan.

6. Jika kemungkinan terburuk Lintah masuk ke usus. Namun Lintah tersebut akan keluar sendirinya lewat dubur. Karena Lintah yang sudah kenyak menyedot darah. Lintah akan beristirahat dan keluar bersama fases.

Baiklah itu tadi bantahan atau klarifikasi dari hoax ada Lintah di Kangkung. Memang tanpa dijelasin panjang lebar gini. Sebagian kita tentu sudah paham ini hoax.

Meski sampai tulisan ini dibuat belum ada rilis penelitian resmi terkait kangkung ber-lintah. Saya pikir pun hal se-receh ini rasanya gak perlu penelitian yang gimana-gimana. Karena dengan penalaran sederhana yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah tahu bahwa makan kangkung berbahaya karena mengandung Lintah.

Hoax seperti ini hanya bikin orang takut untuk makan sayur kangkung. Padahal kangkung itu sayuran yang bergizi dan murah. Jadi rugi bila kita jadi gak mau makan sayur.

Terkait seorang anak di Malaysia yang ditemukan Lintah dalam tubuhnya. Mengutip keterangan Detik Health (28/10/2015) "Soal lintah masuh ke tubuh manusia, sebenarnya pernah kejadian di Malaysia pada 2012 silam. Di mana seorang bocah bernama Modh Farhan Adli mengaku mengalami pendarahan saat buang air besar. Saat dirawat di  Hospital Raja Perempuan Zainab II ternyata diketahui ada lintah seukuran ibu jari orang dewasa di dalam anus bocah itu yang memicu munculnya pendarahan. Lintah ini masuk lewat dubur saat bocah itu memancing di sebuah rawa dekat rumahnya di Kampung Paya Rambai.
Diduga lintah yang masuk ini mendapatkan asupan makanan dari pembuluh darah yang berada di sekitar anus. Meski sudah diketahui penyebabnya, dokter cukup kesulitan saat mengeluarkan lintah tersebut dari dalam anus. Meski demikian lintah sangat jarang bisa masuk ke tubuh manusia."

Oke, saya pikir kasus hoax ini sudah selesai. Kesimpulannya kita bisa ambil positifnya saja. Berarti kita bisa lebih menjaga kebersihan makanan yang hendak di konsumsi. Berusaha mencari solusi dari kemungkinan lintah ada di kangkung. Bukan malah menghindar dan tidak makan sayur kangkung.

Sumber:
Kompasiana
Indonesia Turn Back Hoax
detikHealth

Friday, March 20, 2020

Is It Really Choking Because Someone's Talking Again?


Ughhh!!

Eh properly so sound does not choke. You must have right suddenly choking when eating and drinking again or suddenly just choked. Why is that so? Any sign ourselves again considered by the closest, if people often call "more beneficial". I do not know what the exact equivalent word to call it, I'm also confused ya ..

In essence, the myths circulating in the community if we suddenly choking. That's the sign yourself again thought up by someone. Either there are again talking about you behind or even longer exists the same miss you. Hayoo who ya ...

* Whoever it is, please lah let me enjoy my meal in peace. don't think about me all the time

Quoted from malesbanget.com in an article titled 7 Things That Often Made Signs Someone Again diomongin (19/10/2017) When you eat casually, suddenly wrote you choke. Yet again you do not rush and do not again have a chat too. But you choke, scrambling kept coughing itself. Some say the heck that means tuh like that person's subconscious again nangkep message that someone else somewhere else talking about him.

Regardless whether or not choked due to longer thought up by someone. Everything is restored to you.

Basically choking occur for several reasons. As information from gamesiana.com (10/19/2017) The following is the cause why you can choke:

1. Because the food was too spicy food, rude, or texture that makes scratchy throat

2. There is interference in our respiratory tract, such as a cough. So when the meal will also be disrupted

3. Because eating and talking, sometimes we are not aware and joking while feeding. Then there are foods that go into the respiratory tract, is what causes choking

4. Eating too quickly or rush, may also result in our tongue bitten

So far I do not know exactly does relation between thought choked with another person. In some cases this myth is true. And our society is already familiar with the "confidence" like this. Ya think of it is included into one of the local wisdom.

Friday, March 6, 2020

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Laga atau Cupang Jantan dan Betina

Kali ini saya memakai kata "ikan cupang" setelah pada artikel sebelum ada Plukers yang bingung karena saya menggunakan istilah "ikan laga". Meski sebenarnya ini gak ada bedanya, hanya beda nama saja.

Nah, yang beda itu jantan dan betina. Sudahkah Plukers tahu membedakan jenis kelamin ikan cupang? Mana ikan cupang jantan dan betina?

Langkah untuk membedakan jenis kelamin ikan laga sebenarnya gampang. Secara sekilas pandang saja, antara ikan cupang jantan dengan betina memiliki perbedaan yang kontras.

For you info nih Plukers, Ikan cupang jantan tampak lebih cantik dibanding betina. Beda sekali dengan manusia ya. Memang beberapa jenis hewan, bentuk jantan lebih menarik dibanding betina. Tujuannya agar jantan dapat menarik betinanya.

Simak berikut ini yuk Plukers, cara membedakan jenis kelamin ikan cupang

Ekor jantan lebih lebar dibanding betina




Sangat kontras sekali perbedaan ikan cupang jantan dengan betina. Seperti gambar diatas, terlihat ekor ikan cupang lebih panjang dibanding betinanya. Mudah bukan membedakan keduanya.

Namun beberapa jenis ikan cupang seperti jenis Halfmoon, terkadang ikan cupang betina juga memiliki ekor panjang. Namun, tetap saja ekornya tidak seindah ekor jantan. Kasian ya si betina.

Ikan cupang jantan lebih cantik dibandingSangat kontras sekali perbedaan ikan cupang jantan dengan betina. Seperti gambar diatas, terlihat ekor ikan cupang lebih panjang dibanding betinanya. Mudah bukan membedakan keduanya.

Namun beberapa jenis ikan cupang seperti jenis Halfmoon, terkadang ikan cupang betina juga memiliki ekor panjang. Namun, tetap saja ekornya tidak seindah ekor jantan. Kasian ya si betina.

Ikan cupang jantan lebih cantik dibanding



Cantik tidaknya suatu objek memang relatif. Namun seperti terlihat pada gambar diatas. Kita mungkin sepakat kalau ikan cupang jantan jauh lebih cantik parasnya dibanding betinanya. Saya kira cukup mudah membedakan antara jantan dan betina. Bahkan bagi seorang pemula.

Ada objek putih atau telur di perut ikan cupang betina



Bertelur memang menjadi tugas binatang berjenis kelamin betina. Tak tercuali dengan ikan cupang betina. Saat kawin, ikan cupang betina menguluarkan telur untuk selanjutnya di dibuahi oleh jantan.

Biasanya ikan cupang betina memiliki tanda putih di perutnya. Biasa terdapat pada ikan cupang betina dewasa. Tandanya ikan cupang betina sudah siap bertelur.

Ikan cupang jantan lebih agresif



Secara umum ikan cupang terkenal bersifat agresif dan teritori. Artinya ikan jenis ini gak suka bila ada ikan lain yang memasuki wilayah kekuasaannya. Meski ikan cupang betina juga bersifat agresif, namun masih kalah agresif dibanding jantannya.

Untuk melakukannya. Letakkan ikan cupang jantan di botol atau toples transparan. Ikan cupang jantan biasanya langsung bergerak agresif, mengibaskan ekor indahnya. Sangat beda dengan ikan cupang betina yang lebih kalem.

Baiklah, cukup 4 cara saja yang saya bagikan untuk Plukers semua tentang bagaimana cara membedakan jenis kelamin ikan cupang. Gak usah banyak-banyak, takutnya malah jadi bingung.

Paling gampang membedakan jenis kelamin ikan cupang ini ketika usia ikan memasuki umur 2 - 3 bulan. Semakin berumur ikan, biasanya akan lebih mudah membedakan jantan atau betinanya. Memang di usia seperti itulah ikan cupang sudah mulai layak di kawinkan. Kalau masih terlalu kecil, kan belum bisa dikawinkan.

Oke, bila Plukers masih bingung juga membedakan jenis kelamin ikan cupang. Tenang saja, Google masih belum tutup. Plukers juga bisa menemukan penjual ikan cupang setempat. Tanyakan saja kepadanya bila masih bingung bedakan jantan dan betinanya.

Artikel ini sudah terbit di Plukme.com