Saturday, December 23, 2017

Mengapa Nokia Bisa Bangkrut? Apa Samsung Akan Bernasib Sama?

Nokia bangkrut - manggadget.com

Tentu bahasan terkait mengapa Nokia kalah dalam persaingan Handphone dunia ini sudah menjadi cerita lama. Namun tahukah kamu? Cerita bankrutnya Nokia bisa saja terulang pada raksasa gadget asal Korea Selatan, Samsung.

Setidaknya begitulah yang saya pantau dari beberapa media. Seperti pada tahun 2015 silam CNN Indonesia pernah menyebut Samsung Diramalkan Bakal Senasib Seperti Nokia. Hal tersebut mungkin saja benar. Karena untuk pertama kalinya, Samsung di akhir kuartal 2014 lalu mulai kedodoran penjualannya yang berimbas pada kehilangan pendapatan yang cukup signifikan.

Munculnya brand baru dari Tiongkok yang menunjukkan keseriusannya memoles perangkat gawai yang menarik minat pelanggan. Belum lagi adanya brand lokal yang tidak bisa dipandang remeh. So, apakah Samsung bakal menjadi "Nokia baru" dimasa depan?

Lebih spesifik merdeka.com (6/3/2015) melaporkan "5 Tahun Lagi, Samsung Bakal Bernasib Sama Seperti Nokia". Dilihat tanda-tandanya nampaknya jejak hancurnya Nokia bisa saja di ikuti oleh Samsung.

Sama seperti Nokia, Samsung banyak mengeluarkan berbagai varian gadget mereka dalam setahun

Salah satu tanda yang kentara ialah, Samsung terlalu banyak mengeluarkan varian smartphone. Seperti kita tahu, Nokia dahulu juga sama. Mungkin sudah segudang varian hp Nokia yang pernah dipasarkan. Dan hal tersebut tidak menjamin sebuah perusahan gadget ini abadi.

Kebiasan mengeluarkan banyak varian smarphone ini, berbanding terbalik dengan pesaing Samsung; Apple. Apple tercatat maksimal hanya mengeluarkan 2 varian Smartphone  setiap tahunnya. Namun bukan berarti penjualan Apple kalah dari Samsung.

Sebab, menurut riset Gartner, Apple sukses mencatat penjualan sebanyak 74.830.000 sementara Samsung 73.030.000 ponsel pintar pada kuartal keempat tahun 2014. Gartner melaporkan juga bahwa selama kurun waktu tiga bulan terakhir itu, Apple melesat penjualannya sebanyak 49 persen, sementara Samsung turun 12 persen.

Meskipun demikian, penjualan Samsung hingga tahun 2017 ini masih tertinggi secara global. Namun kalau soal laba, Apple masih memimpin dibanding Samsung.

Lalu apa yang terjadi dengan Nokia sehingga terpental dari persaingan telepon genggam dunia?



Selain sebab yang sudah di jelaskan diatas. Kenyataannya Tidak ada yang salah dengan dengan Nokia dimasa lalu. Hanya saja Nokia seakan sudah termakan jaman.

Bila mengenang kembali era kejayaan Nokia. Siapa sih yang meragukan kehandalan dan kualitas hp Nokia yang beredar di pasaran. Hp Nokia terkenal begitu survive, sangat tahan banting. Bahkan sangat bisa untuk melempar maling yang lari. Mesti terjatuh, namun tidak rusak total. Berbeda jauh dengan smartphone kini yang begitu ringkih.

Namun sekali lagi kekejaman jaman tidak memandang siapa orangnya. Siapa saja yang tidak dapat beradaptasi dengan baik di perkembangan dunia, maka siap-siap lah minggir atau menyingkir.

Kalimat yang mungkin masih diingat dari CEO Nokia sebelum perusahaan tersebut di akuisisi oleh Microsoft. Ya memang, tidak ada kesalahan dari Nokia. Kita tidak mendengar adanya kasus bateri terbakar seperti milik Samsung. Namun tanpa ba-bi-bu, Nokia The End.

Nokia seakan ter-ninabobok-kan oleh posisinya diatas produsen handphone dunia. Sementara kompetitornya sudah menyiapkan "amunisi" barunya yang sesuai kebutuhan masa depan. Vendor Smartphone kini telah berpikir jauh pada developers, applications, ecommerce, advertising, search, social applications, location-based services, unified communications dan lain sebagainya. Sementara Nokia terlalu banyak menghabiskan waktunya di Hardware dan Software. Pada akhirnya Google mengeluarkan Android dan mengubah segalanya.

Dan ketika pesaing kamu berhasil menangkap peluang dan melakukannya dengan baik, maka kamu tidak perlu melakukan kesalahan untuk kalah.

Tuesday, December 19, 2017

Mengapa Hujan Terlihat Miring?

Hujan terlihat miring - okezone.com

Mungkin postingan ini salah satu bahasan yang dirasa kurang penting ya. Karena jika melihat judulnya: mengapa air hujan turunnya miring?, pasti kamu semua sudah tahu jawabannya apa. Tapi berhubung, tagline blog ini "menanyakan pertanyaan yang mungkin belum pernah terpikirkan untuk ditanyakan?" jadi maklumi aja jika ada beberapa artikel yang gak penting di blog ini, whuahahaha...

Lantas, apa sesungguhnya arah air hujan ketika turun Bumi. Tegak lurus, miring, atau muter-muter dulu dilangit baru jatuh ke Bumi. Jika diperhatikan lagi dari dalam mobil, air hujan jatuhnya miring namun ketika mobil berhenti, air hujan turunnya tegak lurus. Apa keadaan demikian hanya terlihat oleh orang didalam mobil? Apa orang diluar mobil juga melihat turunnya hujan miring? Atau gimana sih?

Sebenarnya air hujan jatuh ke Bumi karena adanya gravitasi Bumi. Maka itu air hujannya jatuhnya lurus ke bawah (Bumi), seharusnya begitu ya. Namun karena di dunia ini ada yang namanya angin, air hujan tidak serta merta bebas leluasa turun ke Bumi tanpa hambatan. Hujan disertai angin membuat jatuhnya air hujan jatuhnya miring, terserah deh mau miringnya kemana.

Terus bila kita melihat air hujan dari dalam mobil jatuhnya miring itu karena mobilnya bergerak. Bergeraknya mobil tadi menyapu angin. Semakin cepat sebuah kendaraan (mobil) berjalan menerjang angin di tengah hujan. Penumpang mobil di dalamnya akan melihat arah jatuhnya air semakin miring. Bahkan kalau kamu naik pesawat, (kamu loh bukan saya, karena saya belum pernah naik pesawat). Arah air hujan bukannya miring lagi, tapi malah seperti datar.

Sunday, December 17, 2017

Mengapa Air Hujan Turun Berupa Tetesan Kecil?


Tetesan hujan bagi sebagian orang merupakan suatu yang menyenangkan. Baginya tetesan air hujan suatu hal yang monumental, mengingatkan sebuah memori indah atau kelam. Pokoknya bisa bikin kangeenn...

Namun, pernah kepikiran gak sih? Mengapa air hujan jatuhnya tetesan, bukanya gerojokan seperti air terjun. Apa di langit itu ada semacam saringan raksasa berupa lobang-lobang kecil, sehingga air hujan yang jatuh ke Bumi menjadi pecah atau tetesan, bukannya gerojokan. Atau karena ini, anu, itu...

Sebelum mikir terlalu jauh, mari kita lihat dulu fakta menarik tentang air hujan


Sebelum tulisan ini dibuat, saya mencari referensi di Google. Beberapa blog pernah membahas seputar air hujan. Dari bentuk air hujan sampai mengapa air hujan jatuhnya tetesan. Namun bahasanya rada ilmiah dan bikin saya gak mudeng, hehe.. Tapi tenang saja, sekarang saya coba merangkumnya sesederhana mungkin ya, ralat saja bila salah.


Air hujan seperti kita tahu, awalnya dari awan hasil penguapan air di Bumi. Lalu turun kembali ke permukaan Bumi. Namun, tahukah kamu? Tidak semua air hujan jatuh ke Bumi. Jadi ada juga tuh air hujan yang gak jatuh ke Bumi, atau sebut saja hujan PHP. Karena air hujan yang jatuh melewati udara yang kering, maka air hujan tersebut akan kembali menguap. Ciee.. Gak jadi hujan

Selain itu ukuran air hujan juga menentukan air hujan tersebut sanggup bertahan jatuh ketanah tanpa menguap kembali. Ukuran minimum air hujan ialah berdiameter 0,5 mm (gerimis) baru tidak menguap kembali.


Sedang dikala hujan deras nan lebat seperti di Jakarta sampai bikin banjir yang katanya harus disyukuri itu.. Ukuran air hujan paling besar tidak melebihi diameter 5 mm. Karena jika melebihi dari ukuran tersebut, air hujan akan pecah jadi kecil-kecil. Tetesan air hujan dalam bentuk besar tidak akan tahan terhadap tekanan udara dalam perjalanan jatuh ke tanah. Maka itu air hujan jatuhnya tetesan-tetesan kecil, bukannya gerojokkan. Hmmm... Gerojokan itu apa ya, eeee...nganu

Sunday, December 10, 2017

Mengapa Cinta Remaja Disebut Cinta Monyet?


Ketika kamu masih abege (abg) atau anak baru gede, barangkali kamu pernah merasakan cinta monyet. Pada saat mungkin kamu gak menyadari sedang mengalami cinta monyet. Tahu-tahu saja rasa suka terhadap lawan jenis datang. Kata mama itu cinta monyet..

Sampai dewasa ini, sudahkah kamu tahu apa itu cinta monyet? Sebuah nama yang cukup mengelitik. Kenapa mesti cinta monyet? Mengapa bukan Cinta Citata *eh

Yauda kita artikan dulu apa itu cinta monyet, yakni perasaan cinta yang terjadi antara sepasang anak muda yang masih dalam masa remaja. Menurut Wikipedia, Cinta monyet juga bisa diartikan sebagai seseorang yang kurang mencintai pasangannya.

Dan lagi cinta monyet diartikan sebagai cinta anak muda kepada orang yang lebih tua. Seperti murid kepada gurunua. Dan dalam istilah ini cinta monyet di deskripsika. Sebagai cinta yang tak terbalas.

Namun, dalam artikel ini kita bahas yang umum saja ya, yakni cinta monyet ala anak remaja. Mengapa bisa dinamakan cinta monyet?

Cinta monyet - buahatiku.com

Istilah cinta monyet mulai tenar dan fenomenal terjadi di rentang tahun 1960-1980. Pada masa itu seniman banyak yang menggunakan kata cinta monyet dalam sebuah karya.

Pada masa itu juga terjadi peralihan watak anak-anak remaja. Dari yang awalnya sopan menjadi bebas dan liar, termasuk menjalin hubungan dengan lawan jenis. Dulu memiliki pacar di usia belia  dapat dikatakan tindakan tidak sopan. Maka itu gaya pacaran jaman dulu tidak terbuka dan komunikasi pun melalui surat menyurat. Beda banget ya sama jaman sekarang..

Pada jaman dulu, orang tua menganggap belum sepantasnya anak-anak remaja apalagi masih sekolah untuk berpacaran. Menurut orang tua, remaja belum tahu arti cinta yang sesungguhnya.

Pengaruh budaya luar seperti tayangan televisi, film barat dan India juga bertanggung jawab dalam merubah gaya percintaan remaja kala itu. Cinta Monyet di gambarkan sebagai gaya percintaan remaja Indonesia yang serba nanggung dan malu-malu.

Analogi "monyet" digunakan karena melihat sifat monyet yang suka malu-malu, namun menginginkan.

Cinta monyet bisa disebut juga cinta prematur. Cinta ini masih terlalu labil. Akhir kisah cinta monyet biasanya tidak berakhir bahagia, namun bukan berarti menyakitkan. Hanya saja cinta monyet yang dialami remaja bisa saja berakhir ketika sudah beda sekolah atau salah satunya pindah kota.

Yasudah ketika semuanya sudah berakhir, kisah cinta monyet hanya sebagai kenangan manis dalam hidup masing-masing. Walau tak menutup kemungkinan kisah cinta monyet akan berakhir di pelaminan.. Soal cinta siapa yang tau..

Saturday, December 9, 2017

Mengapa Amerika Serikat Bisa Menjadi Negara Adikuasa?

Ilustrasi Amerika Serikat tempo dulu - hariansejarah.id

Suhu politik dunia saat ini bisa dibilang sedang panas. Berbagai manuver kontroversial dilancarkan oleh negara adidaya Amerika Serikat, membuat dunia mengecam keras. Lantas mengapa berbagai kebijakan Amerika Serikat begitu mempengaruhi dunia?

Hal itu tak terlepas dari status negara "Super Power" yang disandang negri Paman Sam tersebut. Dan kembali pertanyaannya: mengapa Amerika Serikat menjadi negara adidaya.

Awalnya... Perjalanan Amerika Serikat menuju negara adidaya cukup berliku.

Amerika Serikat merdeka dari Britania Raya yang merupakan negara adidaya terlama. Kemerdekaan itu di dapat pada 14 Juli 1766, itu sudah lama banget, dulu banget..

Perang melawan Spanyol, yang disebut juga sebagai duel antara mantan negara adidaya (kerajaan Spanyol) dengan calon negara adidaya (Amerika Serikat). Perang yang berlangsung pada tahun 1898 berakhir dengan tampilnya Amerika Sebagai negara adidaya yang baru setelah Britania Raya.

Setelah itu berbagai peristiwa-peristiwa penting di dunia tidak pernah lepas dari campur tangan Amerika Serikat. Termasuk perang dunia I & II, perang dingin, perang Vietnam, Perang Afganistan dan lainnya. Meski ditengah berbagai peristiwa tersebut Amerika sempat mengalami peristiwa "depresi besar" 1929. Namun tidak menggoyahkan Amerika dalam upayanya berkuasa dalam percaturan dunia.

Berbagai kekuatan Amerika Serikat saat ini dimiliki semakin membuat negara tersebut berdigdaya. Salah satunya yang disegani ialah kekuatan militer no.1 dunia. Meski dulunya kekuatan militer Amerika masih jauh tertinggal di banding milik Jepang, Jerman dan Britania Raya. Tidak sekuat sekarang.

Infografis militer Amerika - tirto.id

Dan kekuatan militer tersebut tentu tidak ujug-ujug jadi gitu saja. Ada Dukungan kuat dari bidang lain. Seperti ekonomi dan politik. Amerika begitu mempengaruhi perekonomian dunia. Dimulai dari US Dollar yang begitu berpengaruh. Banyaknya perusahan multinasional yang bermarkas disana, baik perusahan teknologi, fashion maupun yang lainnya. 8 dari 10 merek terkemuka dunia adalah produk Amerika. Kayaknya hampir semua komoditi dunia dikuasai Amerika ya..

Di Amerika itu pusatnya hiburan dan trensetter, seperti apa yang hits disana akan jadi hits di dunia. Why??

Terus para milyader dunia juga banyak dari Amerika Serikat. Kamu pasti tahulah siapa orang-orangnya, gak perlu ditulis lagi disinim. Dan sialnya, Semisal negara ini (AS) mengalami resesi, dunia juga akan jadi dampaknya. Gak enak banget kan..

Amerika juga kuat dalam perpolitikan dunia. Punya hak veto dan seakan-akan di "anak emaskan" oleh PBB. Entahlah, Amerika seperti dibiarkan saja melakukan berbagai invasi militer di beberapa wilayah dunia. Sementara Indonesia yang dulu pernah melakukan operasi militer yang notabene untuk merebut kembali wilayahnya sendiri, rame-rame di tuduh melanggar HAM. Why??

Dalam dunia pendidikan? Siapa yang meragukan lagi kemajuan universitas-univeritas di AS. Enam dari sepulu universitas terbaik pada ajang "2012 Quacquarelli Symonds Worl Rankings" ada di Amerika.

Satu lagi, bahasa Inggris versi Amerika Serikat juga "digilai" banyak orang dan semakin banyak penuturnya didunia. Termasuk saya juga deh, yang mempelajarinya hhehehe..

Dan yang perlu diketahui multi etnis disana begitu bersinergi membangun Amerika, Satu poin yang perlu dicontoh bukan?. Seperti banyak diketahui, Amerika pada dasarnya besar dari para imigrannya. Maka itu, ketika kebijakkan Trump yang cenderung mendeskreditkan golongan imigran, banyak pihak yang protes terutama dari pihak rakyak Amerika Serikat sendiri.

Secara garis besar, negara yang disebut adidaya ketika negara tersebut amat sangat berpengaruh dan berkuasa dalam berbagai bidang semisal ekonomi, politik dan militer. Awalnya Britania Raya dikenal sebagai negara adidaya terlama, namun setelah perang dunia banyak negara koloninya yang merdekakan diri, termasuk negara tetangga kita seperti Malaysia dan Singapura. Sejak itu Britania Raya mulai kehilangan status Super Power mereka.

Dan kini ada dua negara adidaya di dunia, Russia dan Amerika Serikat. Namun posisi Russia (dulunya Uni Soviet) yang juga kehilangan wilayahnya pasca runtuhnya Uni Soviet, membuat status Russia menjadi kurang kuat. Malah negara tetangga Russia yang juga masih satu ideologi, China (Republik Rakyat Tiongkok) digadang-gadang sebagai negara adidaya selanjutnya.

Saya berharap jika kelak Indonesia menjadi negara maju, jangan menjadi negara adidaya. Maksudnya, ngapain jadi negara adidaya kalau hanya untuk mencampuri urusan "rumah tangga" negara lain.

Wednesday, December 6, 2017

Mengapa Suara Menyanyi di Kamar Mandi Jadi Lebih Bagus?


Menyanyi di kamar mandi sudah menjadi ritual wajib bagi beberapa orang ketika mandi. Aktifitas bernyanyi ini terkadang dilakukan tanpa disengaja. Terjadi saja secara alami karena merasa suaranya bagus.

Meski kenyataannya tidak bisa bernyanyi. Namun "daya magis" di dalam kamar mandi membuat siapapun dia meski suaranya jelek, minimal suara dia menjadi enak di dengar. Mengapa demikian? Apa sesungguhnya "daya magis" yang terdapat di dalam kamar mandi?

Secara umum bentuk kamar mandi merupakan ruangan tertutup. Biasanya juga ada ubin yang tidak bersifat menyerap suara, sehingga suara memantul bolak balik sebelum menghilang. Suara kita dikamar mandi pun dapat terdengar lebih lama dibanding di ruangan lain.

Selain itu, ukuran kamar mandi yang biasanya kecil, membuat suara kita terasa lebih nge-bass. Suara akan terdengar lebih keras. Kamu pasti bisa membayangkannya bukan?

Itulah yang membuat mengapa suara menyanyi dikamar mandi terasa lebih bagus. "Tipuan bunyi" ini yang sudah membuat banyak orang percaya diri bernyanyi walaupun hanya di kamar mandi. Perlu di ingat, suara bagus di kamar mandi hanya terdengar oleh orang di dalam kamar saja. Jadi diharapkan untuk menyesuaikan diri jika sudah keluar dari kamar mandi.

Monday, December 4, 2017

Mengapa Tubuh Merasa Kelelahan Padahal Sudah Istirahat Cukup?



Capai atau kita biasa seenaknya menyebut Capek merupakan keadaan wajar, jika kondisinya diri kita sehabis kerja atau sesudah melakukan kegiatan yang menguras tenaga. Seperti melihat mantan kamu pacaran sama sahabat kamu *capek hati* huuaahhaha

yang gak normal itu, ketika lagi kerja berat namun tubuh rasanya lelah banget. Dalam kondisi dimana kita gak lagi ngapa-ngapain, kok masih merasa kelelahan. Padahal istirahat sudah cukup, namun tetap aja tubuh terasa kelelahan luar biasa. Seperti baru menyapu rumah pakai bulu mata *eh kok*

Kok gitu ya? Mengapa tubuh masih merasa lelah padahal istirahat sudah cukup? Penyebabnya bisa macam-macam ini loh. Saya memang bukan ahli kesehatan. Namun saya juga pernah mengalami hal demikian, seperti tubuh ini rasanya lelah sekali mau ngapain aja. Ketika ditelusuri, ternyata inilah penyebab mengapa tubuh masih terasa telah padahal sudah istirahat cukup.

1. Sudah istirahat cukup namun masih merasa lelah? Mungkin kamu kurang gerak

Kata orang, kerja di balik meja itu enak banget, tinggal duduk aja ala kerja kantoran. Namun disamping itu menghabiskan waktu begitu lama hanya dengan duduk saja juga tidak baik. Karena berat badan akan bertumpuh pada satu titik dalam waktu yang gak sebentar, maka tubuh akan merasa kelelahan yang luar biasa.

Solusinya kamu bisa melakukan jalan-jalan sebentar setiap jamnya, lima menit aja. Tujuan untuk penyegaran tubuh kamu.

2. Tubuh terasa cepat lelah? Barangkali kamu dehidrasi

Yakin kamu sudah cukup minum air? Maksudnya benar-benar minum putih lhoo, bukannya minuman manis ataupun kopi. Boleh sih minum minuman yang rasa-rasa, namun kebutuhan air putih harus dicukupkan 8-10 gelar per hari. Organ dalam tubuh tidak bekerja optimal ketika cairan dalam tubuh berkurang.

3. Pola makan yang buruk mempengaruhi kondisi tubuh

Tentu kamu pernah dengar istilah ketika mood seseorang lagi jelek, pasti akan ada yang nyeletuk "tadi pagi makan apa kau?". Saya juga baru tahu bila makan terlalu banyak karbohidrat bisa bikin tubuh jadi mudah lelah.

Nah menurut artikel yang saya baca (lihat sumber diakhir artikel ini), sebaiknya hindari sarapan dengan makan nasi. Mulailah untuk sarapan menggunakan buah-buahan. Kalau untuk list yang satu ini, sepertinya akan menguji jiwa orang Indonesia yang sesungguhnya "rapuh" jika belum maem makan nasi.

4. Mungkin bukan karena fisik kamu yang bermasalah. Namun beban pikiran yang justru bikin kamu gampang kelelahan.

Kelelahan fisik tentu bisa dengan mudah diatasi dengan istirahat yang cukup. Namun ketika sudah istirahat yang cukup, tubuh masih saja merasa kecapean. Boleh jadi biang dari semua ini ialah pikiran kamu sendiri.

Duh memang kamu lagi mikirin apasih? Apapun itu sebaiknya kamu buru-buru deh mencari solusi untuk mengurangi beban pikiran dan sejenak bersandar di bahu jalan. Karena beban pikiran memang tidak terlihat, namun dampaknya cuy *lelah*

Kamu bisa mulai merilekskan pikiran dengan piknik, ikut kelas yoga. Dan sebagi umat beragama, mendekatkan kepada Yang Maha Kuasa menjadi solusi yang baik untuk menghindari depresi dalam hidup ini.

5. Masih kelelahan juga? Sudah cek gula darah belum

Poin yang satu ini juga saya baru tahu, bahwa kandungan gula darah yang gak seimbang bisa mikin tubuh gak berenergi. Dan untuk kasus ini, pola makan yang salah dengan makan Junkfood menjadi kuda hitamnya. "Jangan salahin mecin doang dong"

Karena Junkfood banyak mengandung zat tak berguna dan akhirnya bikin kandungan gula darah menjadi gak seimbang. Maka itu, bila masih mau ngemil yang manis-manis. Buah-buahan menjadi pilihan realistis bukan dia yang terlihat manis.

6. Gaya hidup sudah bagus, istirahat sudah cukup. Tanpa disadari kamu memiliki masalah kesehatan

Ketika semua poin sebelumnya benar-benar tidak kamu alami. Boleh jadi sumber masalah dari mudahnya tubuh merasa kelelahan karena adanya masalah kesehatan. Tak perlu takut sama dokter, mending kamu segera konsultasi masalah kesehatan sama dokter bukan kepada rumput yang bergoyang.

Dan pada akhirnya jika kamu merasa tubuh gampang kelelahan meski sudah cukup istirahat. Satu hal yang perlu diperbaiki. Kualitas tidur kamu sudah baik atau belum. Mulai dari mengatur posisi tidur yang baik misalnya. Kan gak enak kalau tidur dengan posisi kayang di pinggir jalan. Jangan dilakukan deh, jangan.

Demikian beberapa penyebab mengapa tubuh masih kelelahan meski sudah istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat dan yang terpenting beristirahatlah dengan enjoy!!

Friday, December 1, 2017

Mengapa Nama Orang Papua Mirip Nama Orang Bule?

Anak-anak Papua - bobo.id

Wilayah Indonesia bagian timur selain keindahan alam dan kekayaan alamnya yang begitu luar biasa. Namun disamping itu semua, budaya dan kehidupan saudara kita di ujung timur tanah air ini juga menarik untuk dibahas.

Salah satunya ialah nama khas yang umum digunakan di Papua. Mungkin sebagian kita belum banyak yang pernah pergi ke Papua. Namun kabar terkait Papua pastinya sudah pernah dengar dong dari beberapa media, baik online maupun offline, darimana aja dah...

Saya sendiri mengetahui beberapa nama orang Papua atau Indonesia Timur seperti para pemain dari Persipura Jayapura. Siapa yang gak kenal sama kaka Boaz (Boaz Solosa), Eduard Ivakdalam, Imannuel Wanggai, Riccardo Salampessy dan tokoh Papua yang sekarang gambarnya ada di selembar uang Rp. 10.000, Frans Kaisepo. Secara garis besarnya mungkin kamu ada yang berpikir, kok nama orang Papua seperti nama orang Eropa ya? Ini di import atau gimana...

Sebelumnya saya disini bukannya mau membahas dan menyinggung soal SARA ya. Namun memang pada umumnya sejauh yang saya ketahui, pemberian nama seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa dari agama, suku, ras, maupun domisili. Seperti di Jawa, nama orang Jawa setahuku dibedakan dari 3 kasta. Pertama Ambangan, lalu ada keturunan Arab dan golongan priyayi.

Masyarakat Papua banyak yang menggunakan nama yang mirip dengan nama orang Eropa. Mungkin ini terkait pengaruh dari ajaran dari bangsa Eropa sendiri. Sekali lagi bukan bermaksud menyinggung soal SARA. Seperti kita tahu masyarakat Papua adalah mayoritas penganut Kristen. Seperti tertulis di Wikipedia: penganut Kristen Protestan (61,36%), Katolik (21,01%), Islam (17,40%), Hindu (0,14%), Budha (0,9%)

Barangkali masyarakat Papua mengambil nama-nama yang ada di alkitab sebagai nama anak-anak mereka. Seperti halnya umat Islam yang merujuk pada nama-nama Nabi.

Selain itu pengaruh budaya di Papua berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya (khususnya Indonesia Barat). Di jaman kerajaan Hindu, Budha sampai Islam, kerajaan yang pernah berkuasa di Nusantara berpusat di Jawa atau Sumatra. Beberapa kerajaan juga ada yang berpusat di Sulawesi dan Maluku.

Seperti namanya Papua. Pada tahun 1646 kerajaan Tidore menyebut wilayah yang sempat bernama Irian Jaya ini sebagai Pap-Ua yang kemudian penyebutannya berubah menjadi Papua. Dalam artian merupakan tidak bergabung atau tidak bersatu. Dalam bahasa Melayu diartika berambut keriting. Memiliki arti lain bahwa daerah ini tidak ada raja yang memerintah.

Masyarakat Papua menerima dengan baik nama ini karena mencerminkan jati diri orang Papua yang sesungguhnya berbeda dengan masyarakat daerah lain dan juga kerajan Tidore.

Sekali lagi, mungkin pencampuran budaya yang berbeda dengan wilayah Indonesia lainnya yang menyebabkan pemakaian nama orang-orangnya juga berbeda.

Pada akhirnya nama orang Papua yang agak ke-bule-bule-an. Tentu gak cuma orang Papua saja tokh yang begitu. Sekarang sudah banyak kan nama orang Indonesia yang mirip nama orang Barat. Mungkin karena begitu heterogennya masyarakat di Indonesia bagian barat, pengunaan nama import (Eropa) tidak terlalu mencolok seperti di Papua. Karena nama Steve, William di Jawa, Sumatra jumlahnya belum ada apa-apanya dibanding nama Budi, Toni dan Ani. Sedangkan nama-nama orang Papua memang khas mirip-mirip nama orang Eropa. Itulah mengapa saya sampai membuat artikel Mengapa Nama Orang Papua Mirip Nama Bule?

Dan kesimpulannya sampai tulisan ini saya publish. Saya belum menemukan jawaban dari sumber yang terpercaya, jelas, terkonfirmasi dan terverifikasi yang dengan sah menjawab pertanyaan dari tulisan yang berjudul Mengapa Nama Orang Papua Mirip Nama Bule? Barangkali hanya orang Papua yang tahu jawabannya atau kamu punya jawabannya? Tulis di komentar ya :)