Saturday, October 28, 2017

Darimana Warna-warna Berasal?

Ilustrasi warna - artidarimimpi.com
Dalam kehidupan sehari-sehari, warna-warna selalu menemani kehidupan Manusia pada umumnya. Dimana laut dan langit berwarna biru, daun berwarna hijau, api berwarna merah, dan lihatlah bunga-bunga yang penuh warna.

Perbedaan warna-warna pada lingkungan sekeliling kita, pernah tidak kamu bertanya darimana warna tersebut berasal?

Tentu jawabannya ialah warna berasal dari Yang Maha Pencipta. Karena segala sesuatu hal di dunia ini berasal dari-Nya.

Meskipun begitu, tentu kita juga tidak salah mempelajari asal-usul warna ini berasal. Akan sangat menarik jika kita menyimak penjelasan ilmiah darimana warna berasal, berikut ini...



Warna yang bermacam-macam ini bermula dari sinar Matahari. Cahaya Matahari sebenarnya berwarna putih. Meskipun cahaya putih, namun cahaya Matahari ini mereflesikan seluruh warna. Jika diuraikan menjadi warna pelangi.

Dikutip dari website yohanessurya.com (27/10/2017) Cahaya Matahari terdiri atas berbagai gelombang. Ketika cahaya Matahari mengenai suatu benda, benda itu akan memantulkan sebagian atau seluruh gelombang cahaya tersebut. Ketika suatu benda hanya memantulkan gelombang dengan panjang gelombang sekitar 400 nanometer (1 nanometer = sepersemilyar meter), maka gelombang ini akan mengenai mata kita. Oleh otak kita, gelombang ini diinterpretasikan sebagai warna biru. Sehingga kita akan melihat benda itu berwarna biru. Kalau panjang gelombang yang dipantulkan sekitar 700 nanometer, benda akan terlihat berwarna merah. Benda akan terlihat warna putih jika memantulkan semua gelombang dan akan berwarna hitam jika menyerap semua gelombang.

Dari berbagai gelombang cahaya,  salah satu ada yang bisa kita lihat dan lainnya merupakan gelombang yang tidak bisa dilihat menggunakan mata telanjang. Gelombang cahaya yang bisa kita lihat ialah cahaya putih. Terletak diantara ultraviolet dan infrared. Penting diketahui, gelombang cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.

Gelombang cahaya - blog.zakwannur.com

Pertanyaannya, jika benar semua warna yang dilihat merupakan cahaya putih, bagaimana mungkin daun bisa berwarna hijau?

Alasan mengapa daun terlihat berwarna hijau - blog.zakwannur.com


Perlu kamu tahu, daun berwarna hijau justru karna daun menolak/memantulkan warna hijau dan menyerap warna lainya. Sehingga warna hijau lah yang ditanggap oleh mata kita. Mengenai mengapa daun memantulkan warna hijau, tentu karena kandungan zat yang ada pada daun tersebut, seperti klorofil.

Dan terkait perbedaan warna, manusia juga bisa berbeda persepsi memahami warna. Sesuai informasi dari blog.zakwannur.com (27/10/2017) Faktanya semakin kita mempelajari macam-macam warna, semakin sensitif kita dalam membedakan warna itu. Seperti seorang desainer, biasanya mereka mengenal detail warna yang berbeda padahal bagi orang lain warna itu sama saja.

Kesimpulanya, boleh jadi warna ini merupakan sebuah ilusi. Warna yang kita yakini merah, barangkali orang lain menyebutnya berbeda. Benda-benda dilingkungan sekitar kita, boleh jadi tidak berwarna bila tidak ada cahaya Matahari. Meski di malam hari kita masih bisa melihat benda-benda berwarna dengan bantuan lampu listrik, namun kecerahannya akan berbeda dengan cahaya Matahari langsung 

Thursday, October 26, 2017

Bagaimana Bentuk Dari Ujung Tembok Besar Cina?


Keperkasaan tembok besar Cina sebagai benteng terpanjang di Dunia memang sudah tidak terbantahkan lagi. Tembok Cina merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Semua kehebatan Tembok Cina mungkin kita semua sudah banyak yang paham. Bentuknya seperti apa juga kamu pasti tahu. Lantas, dimana ujung dari tembok Cina? Sudah tahu belum?


Tentu setiap hal yang ada di dunia ini ada batasnya, apalagi buatan manusia pasti ada ujungnya. Begitu juga dengan tembok Cina. Gak banyak yang tahu bagaimana bentuk dari ujung tembok Cina.

Bangunan tembok raksasa terpanjang yang pernah dibuat manusia terutama orang Cina ini dibangun pada era Dinasty Qing. Memiliki ujung barat yang disebut Top Lake. Sedangkan di ujung Timur disebut Shanhaiguan.

Di ujung Top Lake terdapat situs-situs bersejarah pada pemerintahan Dinasty Qing. Sementara ujung Shenhunguan menyajikan pemandangan laut lepas yang indah.

Shanhaiguan tersebut sering kali dijuluki sebagai The Dragon Head karena bentuknya yang terlihat menyerupai kepala seekor naga raksasa. Selain itu, bentuk replika kepala naga raksasa ini oleh warga Cina disebut sebagai Laolongtou.

Namun bangunan pada ujung Timur Tembok besar Cina tidak sepenuhnya bangunan asli. Karena ketika jaman perang, Jepang menyerang lokasi Shanhaiguan hingga hancur. Dan lokasi Shanhaiguan yang sekarang merupakan upaya otoritas Cina untuk membangun Tembok Cina seperti bangunan aslinya.

Peta tembok besar raksasa Cina - sketsasekelumit.blogspot.com

Dan Tahukah kamu? Jika Tembok China ini bukanlah tembok panjang yang membentang dari barat ke timur tanpa putus. Melainkan merupakan kumpulan tembok yang mengikuti pegunungan Tiongkok Timur. Di Tembok Besar Cina juga ditemui benteng alam berupa tebing, bukit, sungai dan lembah.

Secara keseluruhan panjangnya tembok Cina mencapai 8.850 km. Begitu panjangnya tembok raksasa ini akan memakan waktu berhari-hari jika ditelusuri dengan berjalan kaki. Konon pembangunan Tembok Besar Cina telah melampaui kemampuan manusia pada jamannya.


Wednesday, October 25, 2017

Mengapa Laut Terlihat Berwarna Biru?


Air sebagaimana kita tahu tidak berwarna, atau bening transparan. Setidaknya begitulah kondisi air murni. Namun berbeda dengan air laut yang berwarna biru. Meski jika dilihat dari dekat warna tidak biru. Mengapa bisa begitu ya? Mengapa harus biru?

Mari kita bahas secara asyik yuk. Sebenarnya air itu bukannya tanpa warna seperti kita tahu selama ini. Air memiliki warna yakni berwarna biru. Hal ini bisa terjadi karena air menyebarkan warna biru. Dan warna tersebut berasal dari sinar Matahari.

Sebelumnya kita mesti tahu dulu bahwa sinar Matahari itu putih, bukannya kuning loh ya. Cahaya putih dari Matahari tadi merupakan warna sempurna yang ternyata juga membawa warna lainnya, seperti merah, kuning, biru dll.

Jadi mengapa air laut berwarna biru terjadi sebab ketika sinar Matahari menyentuh air laut yang jernih, cahaya merah dan inframerah diserap dengan cepat oleh air. Sedangkan cahaya biru diserap lebih lambat oleh air. Cahaya biru tadilah yang dipantulkan dan disebarkan didalam air. Sehingga terlihat oleh mata manusia bahwa laut berwarna biru.



Pengaruh kandungan garam di laut juga membuat laut semakin biru atau bisa kita sebut warna biru tua bila kadar garam pada laut semakin banyak. Selain itu laut juga terkadang terlihat berwarna hijau, kenapa ya? Bukan karena Hulk lagi mandi di laut ya.

Laut terlihat berwarna hijau disebabkan karena banyaknya jumlah Fitoplankton di laut. Dan terkadang juga terlihat berwarna merah, karena air laut mengandung banyak gangga.

Lautan mengandung banyak sekali  mulai dari ikan, karang, plankton, dan sebagainya. Materi- materi inilah yang menyebabkan penyerapan cahaya matahari sehingga hanya menyisakan warna biru gelap bagi lautan.

Dan lagi, langit yang biru juga mempengaruhi birunya laut. Namun tidak terlalu signifikan dibanding sebab-sebab mengapa laut berwarna biru seperti disebutkan diatas.

Jadi sudah paham belum mengapa air laut berwarna biru? Dan perlu kamu tahu juga, selain air laut. Jenis air lainnya juga sebenarnya berwarna biru. Seperti air minum kita sehari-hari, namun luas permukaan segelas air  tidak cukup menangkap spektrum biru. Sehingga hanya terlihat bening gitu aja, gak ada warnanya. Kan air laut juga kalau di taruh kedalam wadah juga warnanya gak biru kan. Kesimpulannya sih, ini seperti ilusi mata gitu.

Sunday, October 22, 2017

Apa Sesungguhnya Warna Matahari? Bukan Kuning

Ilustrasi Matahari - jambusters.wordpress.com

Matahari merupakan pusat tatasurya di mana planet kita Bumi berada. Selama ini Matahari digambarkan sebagai "bola panas" yang berwarna kuning atau jingga. Ketika kita menggambar pemandangan dengan gunung ditengah-tengah ada Matahari, kita juga gak sungkan mewarnai gambar Matahari dengan warna Kuning atau dipadungan dengan warna jingga (orange). Pertanyaannya apa benar Matahari memang berwarna Kuning kemerah-merahan? Atau ada warna yang lain?

Mungkin kita boleh sepakat kalau Matahari memang berwarna kuning. Sayangnya, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya Matahari memancarkan sinarnya dalam berbagai warna. Namun manusia hanya mampu melihat warna kuning dengan mata telanjang. Mengapa demikian?

Matahari memancarkan cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda. Manusia melihat Matahari berwarna kuning karena panjang gelombang cahaya kuning paling panjang.

Warna Matahari yang sesungguhnya tidak hanya berwarna kuning - apakabardunia.com


Jika dilihat menggunakan teleskop antariksa, sebenarnya Matahari tidak hanya berwarna kuning seperti selama ini kita tahu. Ada banyak warna yang dipancarkan Matahari. Perbedaan ini ditentukan dari komponen dan suhu yang ada di permukaan Matahari.

Sebagai contoh Sinar kuning kehijauan (5500 Angstroms), umumnya berasal dari material yang memiliki kisaran panas sekitar 5.700 derajat C. Sinar ultraviolet (94 Angstroms) berasal dari atom-atom yang panasnya mencapai 6.300.000 derajat C dan merupakan panjang gelombang yang dapat kita gunakan untuk melihat lidah api atau prominensa.

Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sebuah cahaya yang memancar kemudian menerangi ruangan sekitar kita pada dasar nya disebabkan akibat panjang gelombang cahaya yang dipancarkan diterima oleh mata kita. Namun pada saat panjang gelombang tidak sepanjang yang mata manusia mampu menjangkaunya, maka mata manusia tidak akan dapat melihatnya.

Memang kita gak salah juga bila selama ini kita menggambarkan Matahari berwarna Kuning kemerah-merahan. Karena pada dasarnya warna tersebutlah yang mampu dilihat mata manusia.

Meskipun begitu, kita tetap harus tahu fakta sesungguhnya tentang Matahari yang bukan hanya berwarna kuning. Namun Matahari memiliki banyak warna. Dan selama ini kita rasakan sinar Matahari berwarna putih, bukan kuning.

Mengapa Langit Berwarna Biru?

Langit Biru - fraulei14.blogspot.com

Tahukah kamu langit itu berwarna biru. Kalau tidak percaya silahkan menengadahkan kepala keatas dan lihat langit yang biru. Tapi jangan pada waktu malam hari ya lihat langitnya. Faktanya langit memang berwarna biru di siang hari yang cerah. Mengapa demikian?

Penjelasan mengapa langit berwarna biru memang sudah sering dibahas. Namun diantara kita tidak mustahil masih ada yang belum paham mengapa langit biru. Mungkin aja mereka terlalu cuek ya sama langit, setiap hari nunduk mulu lihat gadget mulu.

Oke oke, untuk menjawab mengapa langit berwarna biru?pertama kita mesti tahu angkasa itu ruang hampa dan sebenarnya tidak berwarna. Birunya langit itu disebabkan karena sinar matahari.

Eh tunggu dulu, bukannya matahari berwarna kuning ya? Kok bisa jadi biru?

Warna biru langit disebabkan dari interaksi cahaya matahari dan lapisan atmosfer. Matahari memancarkan cahaya putih yang terbuat dari partikel-partikel cahaya yang berwarna berbeda, dan memiliki panjang gelombang yang berkoresponden.

Perbedaan terjadi ketika sinar matahari bersentuhan dengan zat lain semisal air. Pembiasan akan terjadi pada Sinar matahari yang menembus medium lain (air). Begitu pun cahaya matahari akan terpecah menjadi beberapa warna tergantung sudut pandangnya.

Panjang gelombang cahaya paling banyak tersebar pada lapisan bawah. Pada atmosfer lapisan bawah, oksigen dan nitrogen menyebarkan gelombang cahaya pendek berwarna biru dan nila.

Dan faktanya penyebaran cahaya berwarna nila lebih luas ketimbang cahaya yang berwarna biru. Meskipun partikel atmosfer lebih banyak menyebarkan cahaya berwarna nila. Namun langit tetap terlihat biru karena mata manusia lebih sensitif pada warna biru. Terlebih lagi sebagian cahaya nila telah terserap oleh lapisan atmosfer bagian atas.

Jadi kesimpulannya birunya langit juga dipengaruhi oleh penglihatan manusia sendiri. Dan juga karena interaksi cahaya Matahari dengan atmosfer. Maka itu kalau pemandangan langit di luar angkasa tidak biru seperti di Bumi.

Sumber : liputan6.com

Thursday, October 19, 2017

Apa Benar Tersedak Karena Lagi Dibicarakan Seseorang?

Ilustrasi tersedak - pedulisehat.info
Ughhh!!

Eh benar gitu gak sih suara tersedak. Kamu pasti pernah kan tiba-tiba tersedak ketika lagi makan & minum atau tiba-tiba aja tersedak. Mengapa begitu ya? Apa tandanya diri kita lagi dipikirkan oleh orang terdekat, kalau masyarakat sering menyebut "lagi dirasakan". Entahlah padanan kata yang tepat apa untuk menyebutnya, aku juga bingung ya..

Intinya, beredar mitos di tengah masyarakat jika tiba-tiba kita tersedak. Itu tandanya dirimu lagi dipikirkan oleh seseorang. Entah ada yang lagi ngomongin kamu dibelakang atau malah lagi ada yang kangen sama kamu. Hayoo siapa ya...

*Siapa pun itu, mohon lah biarkan aku menikmati makanan ku dengan tenang. Jangan mikiri aku terus ya :)*

Dikutip dari malesbanget.com dalam artikelnya berjudul 7 Hal yang Sering Dijadiin Pertanda Bahwa Seseorang Lagi Diomongin (19/10/2017) Ketika kamu makan dengan santainya, tiba-tiba aja kamu tersedak. Padahal kamu gak lagi buru-buru dan gak lagi ngobrol juga. Tapi kamu tersedak, gelagapan terus batuk-batuk sendiri. Ada yang bilang sih kalau kayak gitu tuh artinya alam bawah sadar seseorang lagi nangkep pesan bahwa ada orang lain yang entah di mana lagi ngomongin tentang dirinya.

Terlepas benar tidaknya tersedak disebabkan karena lagi dipikirkan oleh seseorang. Semuanya dikembalikan kepada kamu.


Pada dasarnya tersedak terjadi karena beberapa hal. Seperti informasi dari gamesiana.com (19/10/2017) berikut ini penyebab kenapa kamu bisa tersedak:

1. Karena makanan makanan yang terlalu pedas, kasar, atau tekstur yang membuat gatal tenggorokan

2. Ada gangguan pada saluran pernafasan kita, misalnya sedang menderita batuk. Sehingga saat makan juga akan ikut terganggu

3. Karena makan sambil bicara, kadang kita tidak sadar dan bercanda saat sedang makan. Kemudian ada makanan yang ikut masuk ke saluran pernafasan, inilah yang menyebabkan tersedak

4. Makan terlalu cepat atau buru-buru, ini juga dapat mengakibatkan lidah kita tergigit

Sejauh ini saya belum tahu persis sih kaitannya antar tersedak dengan lagi dipikirkan seseorang. Pada beberapa kasus mitos ini memang benar. Dan masyarakat kita sudah akrab dengan "kepercayaan" seperti ini. Ya anggap saja ini termasuk kedalam salah satu kearifan lokal.

Tuesday, October 17, 2017

Siapa Orang Pertama yang Terlibat Korupsi Di Dunia?

Ilustrasi korupsi - telusurmerdeka.com


Mungkin kita semua bisa sepakat kalau korupsi merupakan musuh sejuta umat. Keberadaan korupsi kerab menjadi ganjal bagi negara untuk menjalankan pemerintahannya serta mengancam kesejahteraan rakyat. Sanking buruknya korupsi ini, kira-kira siapa ya orang yang pertama kali melakukan korupsi di dunia ini?

Ini mungkin sangat memperihatinkan. Sebab menurut sejarah praktek tipikor sudah terjadi sejak tahun 1200 SM. Ternyata korupsi bukan hanya musuh bagi kita yang tinggal di masa sekarang. Namun sejak jaman nenek buyut kita dulu, korupsi sudah ada.

Sesuai informasi yang dikutip dari ketemu.in (16/10/2017) Korupsi sudah ada ketika zaman kuno yaitu pada peradaban Mesir, Ibrani, Babilonia, Yunani kuno, Cina, Romawi Kuno dan juga di negara-begara Barat (Eropa dan Amerika).G.R Drdriver J.C. Miles dalam menerjemahkan The Babilonian Constitutionmenyebut perilaku korup telah mencapai puncak kesempurnaannya sejak sekitar tahun 1200 SM. Saat itu, Hammurabi dari Babilonia yang baru menaiki tahta kekuasaanya, memerintahkan kepada seorang gubernur untuk menyelidiki penggelapan yang melibatkan pegawai pemerintahan di bawahnya. Hammurabi mengancam para pejabat di bawahnya dengan hukuman mati. Di India Kuno korupsi juga lazim terjadi.

Hasil dari Sikap tegas memberantas korupsi ini. Gaius Verres (115-43 SM), pejabat Negara Romawi kuno yang terbukti melakukan korupsi, diasingkan sekaligus dibunuh. Ini adalah gambaran betapa korupsi telah menjadi masalah sejak ribuan tahun silam.

Jadi begitulah kira-kira orang-orang pertama yang diketahui terlibat tindak pidana korupsi. Entah Kalau yang diketahui jumlahnya berapa hehe..

Di Indonesia sendiri setelah merdeka, isu korupsi ini sudah mulai terscium sejak jaman orde baru. Antara 1951–1956 isu korupsi mulai diangkat oleh koran lokal seperti Indonesia Raya yang dipandu Mochtar Lubis dan Rosihan Anwar. Pemberitaan dugaan korupsi Ruslan Abdulgani menyebabkan koran tersebut kemudian di bredel. Kasus 14 Agustus 1956 ini adalah peristiwa kegagalan pemberantasan korupsi yang pertama di Indonesia, dimana atas intervensi PM Ali Sastroamidjoyo, Ruslan Abdulgani, sang menteri luar negeri, gagal ditangkap oleh Polisi Militer.

Sebelumnya Lie Hok Thay mengaku memberikan satu setengah juta rupiah kepada Ruslan Abdulgani, yang diperoleh dari ongkos cetak kartu suara pemilu. Dalam kasus tersebut mantan Menteri Penerangan kabinet Burhanuddin Harahap (kabinet sebelumnya), Syamsudin Sutan Makmur, dan Direktur Percetakan Negara, Pieter de Queljoe berhasil ditangkap. (Wikipedia)

Pada kenyataan sekarang, masyarakat seakan 'dipaksa' mewarisi budaya korupsi. Dan entah mengapa budaya kotor seperti ini susah di berangus. Belajar dari sejarah, kini kita tahu orang-orang pertama yang terlibat korupsi atau koruptor pertama.

Monday, October 16, 2017

Mengapa Warna Pesawat Biasanya Putih?

Pesawat Garuda Indonesia - wowmenariknya.com
Hai guys!! Kamu Pernah naik pesawat belum? Tapi kalau melihat pesawat pasti pernah dong ya? Pernah menyadari gak sebelumnya kalau warna pesawat itu rata-rata berwarna putih. Mengapa ya?

Setidaknya pada umumnya pesawat berwarna dominan putih. Ini kenapa ya? Kurang ide atau gimana sih? Masa' warnanya putih gitu. Etss jangan salah sanka dulu..

Pemilihan warna putih pada pesawat juga bukan tanpa alasan. Mengutip informasi dari Hipwee Travel (16/10/2017) penyebab mengapa warna pesawat putih dipengaruhi oleh beberapa alasan yang masuk akal.

Menghabiskan uang!!

Alasan pertama itu karena mengecat pesawat akan merepotkan dan menghabiskan waktu serta uang. Gak usah macam-macam deh mengecat pesawat warna-warni. Kebayang gak begitu repotnya. Buang-buang waktu dan uang. Mengecat pesawat gak segampang mengecat mobil atau rumah kamu.

Untuk cat motor saja uda menghabiskan uang banyak. Apalagi ngecat pesawat. Pihak perusahaan mungkin tidak akan berpikir untuk mengecat pesawatnya macam-macam. Kecuali untuk keperluan tertentu.

Supaya gak gampang luntur

Akan sangat beresiko mengecat pesawat warna-warni, karena warna tersebut menjadi mudah pudar. Kita ketahui pesawat memang setiap harinya mondar-mandir di udara. Kena hujan dan panas, atmosfer memang terlalu buruk untuk berbagai warna.

Lebih mudah mendeteksi kerusakan body pesawat

Ketika body pesawat mengalami penyok, cacat ataupun kotor akan mudah diketahui bila pesawat berwarna putih. Lain cerita bila pesawat berwarna lain.

Agar gak gerah

Warna putih di pesawat dipercaya mampu merefleksikan panas matahari dengan baik. Cara kerjanya sama seperti kita memakai pakaian putih di cuaca panas, pakaian warna putih akan lebih baik dibanding warna hitam yang bikin gerah. Benar apa benar?

Pesawat Pokemon - pulsk.com


Dan untuk keperluan tertentu, pesawat juga gak selamanya selalu warna putih. Di Jepang ada yang namanya pesawat Pokemon, sudah pasti warna pesawat tersebut di penuhi gambar Pokemon. Pesawat yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Jepang, All Nippon Airwaysdalam livery promosi Pokémon. Eksterior pesawat dicat dengan beberapa gambar Pokémon dan bagian interior di dekorasi dengan tema Pokémon.

Namun tetap pada umumnya pesawat berwarna dominan putih. Jadi buat kamu yang selama ini masih bingung mengapa pesawat berwarna putih, semoga setelah ini tambah paham ya..

Sunday, October 15, 2017

Mengapa Air Laut Rasanya Asin?

Air laut rasanya asin - infoyunik.com
Sebagai penduduk negara maritim, masyarakat Indonesia mungkin hampir semua pernah ke pantai. Buat kamu yang pernah liburan ke pantai, ketika mandi di laut pasti pernah merasa asinnya air laut. Duh ini siapa ya yang kencing sembarangan gini, jadi asin kan...

Semua orang mungkin sudah paham air laut rasanya asin. Tapi kamu sudah tahu belum darimana asal rasa asin tersebut? Keringet ikan maybe? Or..

Referensi dari website sains.me dikutip (15/10/2017) di jelaskan secara ilmiah mengapa air laut rasanya asin? Air laut berasal dari air hujan yang turun yang mengalir melalui sungai-sungai dan pada akhirnya bermuara di laut, setelah itu akan mengalami menguap menjadi awan dan turun kembali menjadi hujan.

Sepanjang proses tersebut, air yang mengalir melalui sungai-sungai membawa garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natriumdan lain-lain. Garam-garam mineral tersebut didapatkan dari batu-batuan serta kerakbumi yang dilalui sepanjang air mengalir.

Saat sampai di laut, garam-garam mineral tersebut tetap tinggal sedangkan H2O menguap menjadi awan. Garam-garam mineral yang tinggal inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Rasa asin air laut di seluruh dunia juga tidak selalu sama. Tingkat keasinan air laut dipengaruhi oleh perbedaan suhu. Contohnya itu ada laut mati di Jordan dan Palestina. Karena disana suhunya panas banget sehingga penguapan terjadi begitu besar.

Imbasnya tingkat keasinan air laut menjadi tinggi. Bahkan kadar garam Laut Mati 30 % lebih banyak dibanding laut pada umumnya. Sampai di Laut Mati ini 9 kali lebih asin dibanding laut lainnya.

Jadi sudah pahamkan mengapa air laut rasanya asin. Kalau ada teman kamu bilang laut asin karena  orang kencing sembarang di laut atau akibat keringet ikan, bohong!! :)

Saturday, October 14, 2017

Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda Satu Sama Lain?

Perbedaan warna kulit manusia - style.liputan6.com
Manusia begitu unik, satu sama lainnya memiliki perbedaan masing-masing. Termasuk perbedaan warna kulit. Kita dengan tetangga rumah boleh jadi warna kulitnya berbeda. Apalagi dengan mereka yang berada di belahan dunia lainnya.

Orang-orang barat atau kita sebutnya orang bule biasanya berkulit putih. Sementara di Afrika kita kenal dengan negro. Di Indonesia sendiri orang berkulit kuning atau sawo matang, manis banget kan jadi orang Indonesia.

Lalu mengapa warna kulit kita berbeda ya teman??

Memang benar sih semuanya karena takdir Allah SWT. Misalnya saya terlahir hitam, itu berarti takdir saya. Diterima saja, jangan pakai suntik segala.

Namun pasti ada alasan ilmiahnya. Agar kita makin 'ngeh' , jadi balance gitu.

Mengapa kulit manusia berbeda?

Mengutip informasi dari Natureveshop.com (13-10-2017) Warna kulit manusia dipengaruhi oleh banyaknya melanin, semakin banyak melanin maka semakin hitam warna kulit seseorang. Sebaliknya semakin sedikit melanin maka kulitnya semakin putih. Melanin diproduksi oleh melanosit yaitu sel khusus di daerah dermis kulit.

Sinar matahari mempengaruhi produksi melanin. Semakin sering terpapar sinar matahari membuat produksi melanin meningkat. Itu artinya kulit akan terlihat lebih gelap bila kejemur sinar Matahari.

Perlu kamu tahu, kulit terdiri dari beberapa lapisan. Epidermis (bagian kulit paling luar). Dermis (bagian kulit tengah). Subkutan (lapisan kulit paling bawah/paling dalam)

Tapi mengapa saya jarang terkena sinar matahari langsung, kok masih hitam aja ini kulit?

Itu karena faktor keturunan. Ini mungkin yang dinamakan takdir. Misalkan ibu saya kulitnya coklat sementara bapak kulitnya putih seperti orang Jepang. Terus saya terlahir dengan kulit berwarna coklat.

Lalu demi memperbaiki keturunan saya menikahi gadis berkulit putih seperti artis K-Pop. Tetapi ya tetap saja anak saja kulitnya coklat. Itu artinya anak saya mengikuti turunan genetika dari ibu saya yang berkulit coklat. Paham kan?

Jadi itu penjelasan mengapa kulit manusia berbeda-beda setiap individu maupun suku bangsa. Jangan dikiran kulit putih karena kecemplung susu, sedang kulit hitam karena nyemplung ke got, bukan!!!

Nikmati saja setiap perbedaan ini. Mungkin setiap hari kita makan nasih putih, tapi bukan berarti kulit juga ikut putih. Mereka yang makan roti (warna coklat)  justru berkulit putih. Inilah perbedaan..

Artikel ini sudah terbit di Biartau.id

Thursday, October 12, 2017

Mengapa Tombol Ctrl+alt+del Tidak Satu Tombol Saja?

Kombinasi tombol ctrl+alt+del pada keyboard - myjourneyfromblacktowhite.com


Apa kamu pernah mengalami menggunakan komputer yang hang? Pasti sudah akrab dengan tombol ctrl+alt+del. Kombinasi tombol tersebut memang dibuat untuk mengintrupsi program hang pada Sistem operasi Windows sehingga muncul task manager.

Pertanyaannya mengapa harus menggunakan kombinasi tombol ctrl+alt+del? Kenapa tidak satu tombol saja? Bukannya lebih gampang ya kalau satu tomboo saja?

Jika kamu berpikir demikian? Berarti kamu juga se ide dengan Bill Gates. Bos Microsoft sekaligus orang terkaya sedunia ini menilai kombinasi tombol ctrl+alt+delete terlalu ribet, menurut beliau seharusnya bisa dijadikan satu tombol tunggal saja.

Dikutip informasi dari detikINET (12-10-2017) "Tentunya jika aku bisa melakukan perubahan kecil, aku akan membuatnya jadi tombol operasi tunggal," kata Gates ketika ditanyai soal itu dalam konferensi baru-baru ini, seperti dikutip detikINETdari USA Today.

Kombinasi ctrl-alt-del dibuat oleh Insinyur IBM, David Bradley. Di tahun 1990-an, cara ini menjadi terkenal jika komputer tiba-tiba mengalami freeze. Kombinasi tombol ini sebagai "penyelamat" ketika komputer hang. Jadi gak perlu buru-buru dibawa ke servis komputer.

Demikian penjelasannya dari pertanyaan Menapa ada tombol Ctrl+alt+del? Kok tidak satu nomor saja? Semoga kita semua jadi tambah tahum

Wednesday, October 11, 2017

Mengapa Mesti Ada Double Backslash (dua tanda garis miring) Pada Penulisan Alamat Web? Fungsinya Apa?

Sir Tim Bergens Lee - wikimedia.org

Hai netizen!! Pernah gak sih kamu ketika lagi mengakses internet via browser, menyadari sesuatu yang agak janggal? Ketika melihat susunan URL seperti http://banyak-tanyak.blogspot.com , ada terdapat tanda double backslash (dua garis miring). Mengapa mesti ada tanda tersebut?

Bukankah begitu merepotkan, mesti mengetikkan url dengan tanda double backlash. Dan perlu kamu tahu tanda tersebut sebenarnya sama sekali tidak penting dalam penulisan alamat email. Hal ini diakui sendiri oleh pencipta WWW (internet) Sir Tim Berners Lee.

Seperti kutipan dari Okezone.com (10-10-2017) "Jika anda berpikir tanda double backslash itu tidak diperlukan dalam penulisan URL, saya bisa saja menghilangkan karakter tersebut dalam sejarah awal penciptaan www. Jika waktu bisa saya putar kembali, saya akan mengubahnya," papar Sir Tim dalam sebuah simposium di Washington DC, seperti dikutip melalui Australian IT News, Rabu (14/10/2009).

Tapi tenang saja, anak-anak jaman now sudah tidak perlu merisaukan 2 karakter ini. Karena browser-browser sekarang sudah berinisiatif menampilkan tanda dua garis miring tersebut. Apalagi sekarang akses internet sudah banyak melalui aplikasi yang semakin memanjakan netizen-netizen kekinian.

Meski begitu Sir Tim tetap saja menyesal karena adanya double backlash pada alamat web.  Hal ini terjadi karena kesalahan kecil yang dilakukan oleh seorang kreator yang ingin mengimplementasikan ciptaannya secepat mungkin.

Kenyataannya sekarang netizen tidak terlalu mempermasalahkan 2 karakter double backlash ini. Karena kesalah tersebut tidak seberapa dibanding manfaat internet itu sendiri bagi kemaslahatan umat.

Jadi sudah mengertikan mengapa ada tanda dua garis miring (double backlash) pada alamat web. Ini materi lama sih, tapi barangkali anak-anak kekinian ada yang belum tahu. Semoga bermanfaat.

Artikel ini sudah diterbitkan di biartau.id

Tuesday, October 10, 2017

Mengapa Rambut Manusia Hanya Tumbuh Ditempat Tertentu?

Ilustrasi rambut manusia - techno.okezone.com


Tidak bisa kita pungkiri fisik manusia ialah yang paling sempurna diantara makhluk hidup lainnya. Termasuk keberadaan rambut yang memang berada pada posisi pas. Berbeda dengan spesies mamalia lainnya yang berbulu diseluruh tubuh, kecuali telapak tangan dan kaki 

Sebenarnya manusia ditumbuhi rambut hampir disekujur tubuh, tapi hanya rambut halus. Rambut yang tumbuh tebal hanya dibeberapa tempat saja. Dan tahukah kamu mengapa rambut manusia hanya tumbuh ditempat tertentu saja?

Mungkin jawaban gampangnya sih, karena manusia makhluk sempurna makanya dianugerahi fisik yang begitu sedemikian rupa sedap dipandang.

Tetapi ada penjelasan ilmiahnya loh gaes....

Seperti informasi yang didapat dari merdeka.com (9-10-2017) Menurut ahli biologi evolusi, nenek moyang kita yang merupakan Homo sapiens, memiliki bulu yang menutupi seluruh tubuh. Dibandingkan Homo sapiens zaman sekarang, kita tentu telanjang. Hal ini terjadi karena banyak hal, mulai dari sistem metabolisme, bagaimana manusia berkembang biak, serta perubahan iklim.

Jadi dulunya nenek moyang kita 3 juta yang tahun lalu tinggal di daratan Afrika di masa periode awal peradaban. Kala itu Bumi tengah mengalami pendinginan. Tidak ada hutan untuk berlindung dari cuaca dingin, hanya ada savana yang luas. Sehingga nenek moyang yang merupakan homo sapiens ditumbuhi bulu disekujur tubuh. Ini bentuk adaptasi pada lingkungan dingin.

Setelah suhu Bumi mulai menghangat. Evolusi pada manusia mulai terjadi, bulu-bulu tebal yang sebelumnya menutupi tubuh manusia mulai berkurang. Karena tumbuh bulu atau rambut dipengaruhi oleh keringat. Ini sama seperti ketika kita memakai jaket di cuaca dingin, kemudian ketika cuaca panas melepasnya.

Lalu seiring berganti jaman, rambut manusia hanya tumbuh lebat (rambut terminal) dibagian tertentu seperti sekarang. Rambut yang tumbuh tersisa tersebut, seperti alis yang memang berfungsi sebagai penghalang keringat dari dahi.

Gaya berdiri tegak manusia juga mempengaruhi mengapa rambut kepala tumbuh paling lebat. Karena sebagai pelindung kepala sekaligus sebagai 'mahkota' kepala. Sementara rambut di area kemaluan tumbuh setelah memasuki pase pubertas. Fungsinya sendiri untuk mengurangi gesekan dari benda luar atau ketika aktivitas seksual. Dan jenggot & kumis tumbuh karena hormon. Dimana hormon pria dan wanita berbeda.

Secara keseluruhan mengapa rambut tumbuh pada manusia hanya di tempat tertentu karena lingkungan dan gaya hidup manusia. Termasuk disana makanan yang dikonsumsi. Jadi disyukuri saja ya manusia hanya memiliki rambut yang sedikit.

Artikel ini sudah diterbitkan di biartau.id

Sunday, October 8, 2017

Mengapa Setiap Negara di Dunia Mesti Ada Batas Wilayahnya?

Pagar pembatasan negara dijadikan arena Voli - selipan.com


Bila ditanya mengapa setiap negara di dunia ini mesti ada perbatasannya? Bukankah kita semua sama-sama berpijak di Bumi yang sama? Mungkin menjawab pertanyaan ini harus hati-hati, karena mengenai batas negara juga sarat dengan kepentingan.

Dari sisi proteksi atau perlindungan, setiap negara tentunya wajib menandai dan menjaga dengan jelas setiap batas wilayahnya. Supaya apa? Supaya para negara tetangga tidak sembarangan menyerobot wilayah kita.

Tapi apa gak bisa gitu ya setiap warga dunia berdamai dan gak perlu meributkan batasan tersebut?

Memang repot ya dengan adanya batasan wilayah, mesti urus izin, paspor segala macam untuk ke luar negri. Tapi juga akan lebih repot bila setiap negara tidak memiliki batasan.

Alasannya karena KERAKUSAN. Maaf sebelumnya ini cuma opini saya aja ya. Rasanya akan sulit dibayangkan bila hidup bertetangga tanpa adanya batasan wilayah. Setiap orang, sedikit banyaknya akan berusaha menguasai wilayah yang tidak bertuah. Manusia terlalu rakus untuk tidak melakukan itu semua.

Mungkin ini bawaan sifat manusia. Juga dimiliki hewan dengan sifat teritorial. Sifat teritori ini menandai daerah kekuasaannya. Meski setapak tanah pun tidak dibawah mati, tapi bukan berarti membiarkan orang lain berbuat sesuka hati di wilayah kita.

Batasan juga untuk menandai hak-hak bagi seluruh manusia. Bahwa setiap wilayah yang dimiliki ialah haknya. Orang luar tidak bisa sembarangan memasuki wilayah tersebut.

Penjagaan setiap jenggal wilayah perlu dilakukan agar tidak ada perselisihan di kemudian hari. Negara-negara luar pasti akan tergiur menguasai suatu wilayah jika tanpa memiliki batasan wilayah.

Seperti jaman kolonial, para penjajah barat mungkin melihat nusantara seperti tanah tak bertuan. Seenaknya mereka merebut kekayaan alam yang sesungguhnya bukanlah hak mereka. Batasan-batasan wilayah Indonesia dengan negara tetangga juga merupakan warisan dari penjajah.

Dari ini kita tahu, bahwa sebagai bangsa kita perlu menjaga batasan wilayah yang jelas. Karena bila tidak ada batasan wilayah negara, negara-negara asing akan dengan mudah menguasai tanah, serta kekayaan alam negara.

Setiap negara juga gak bisa berharap begitu saja pada negara lain agar tidak menyerang negaranya. Seperti kita membangun rumah atau pagar, itu sebagai batasan dari tetangga. Didalam rumah juga ada sekat pembatasan setiap ruang. Haha mungkin manusia terlalu suka membuat batasan-batasan, tapi seringnya kok masih suka berbuat diluar batas..

Artikel ini sudah diterbitkan di biartau.id

Mengapa Plankton Memakan Daging Semu Hologram? Apa Rasanya

Sheldon J. Plankton memakan daging semu yang hanya sebuah hologram - pinterest.com


Buat kamu penggemar serial kartun Spongebob Squarepants pasti juga mengenal Plankton. Bernama lengkap Sheldon J. Plankton ini berperan antagonis di Bikini Bottom. Tingkah laku dan kehidupannya pun bisa dibilang aneh. Seperti tetap menjual Chum walaupun gak enak, beristri komputer sampai memakan daging semu.

Mengenai makanan Plankton, mungkin tidak banyak yang menyadari mengapa Plankton dalam serial Spongebob digambarkan memakan daging semu. Sejenis makanan dalam wujud hologram. Apa enaknya coba?

Tapi itulah fakta sesungguhnya. Plankton memang merupakan organisme yang memerlukan cahaya sebagai makanannya. Daging semu tadi merupakan sebuah hologram yang tak lain adalah cahaya.

Seperti informasi dari Wikipedia, Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai.

Selama ini kita kenal kartun Spongebob Squarepants hanya program kartun yang berisi lelucon dengan karakter utamanya yang rada idiot. Namun dibalik itu,  ada pesan bermanfaat yang tersembunyi. Nah itu dia!! Sudah tahukan mengapa Plankton suka makan daging semu hologram.

Plankton sendiri diceritakan sebagai sosok kecil yang berakal licik di serial kartun Spongebob. Pendiri, bos sekaligus karyawan Chumbucket ini musuh bubuyutan Tuan Krab. Plankton kerab berusaha mencuri resep rahasia Krusty Krab. Walaupun sering nyaris berhasil, namun faktanya Ia selalu gagal.

Plankton selalu berusaha untuk mencuri Krabby Patty, namun entah bagaimana kesialan seakan terus berada di sisi Plankton. Hingga akhirnya lagi-lagi hanya daging semu hologram yang setia menemani Plankton di meja makan

Sementara di alam luas, organisme Plankton menjadi sangat penting karena sebagai bekal makanan sebagian besar makhluk lautan. Peranannya di kehidupan Bumi amat sangat penting. Bahkan 80% Oksigen di Bumi diproduksi oleh Plankton, lebih tepatnya fitoplankton.


Jadi agaknya Plankton dalam serial kartun Spongebob menjadi karakter yang menyebalkan. Namun di dunia nyata, makhluk kecil yang bahkan untuk melihatnya saja perlu mikrosop ini sangat penting bagi kehidupan pendudul Bumi.