Minggu, 08 Oktober 2017

Mengapa Setiap Negara di Dunia Mesti Ada Batas Wilayahnya?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Pagar pembatasan negara dijadikan arena Voli - selipan.com


Bila ditanya mengapa setiap negara di dunia ini mesti ada perbatasannya? Bukankah kita semua sama-sama berpijak di Bumi yang sama? Mungkin menjawab pertanyaan ini harus hati-hati, karena mengenai batas negara juga sarat dengan kepentingan.

Dari sisi proteksi atau perlindungan, setiap negara tentunya wajib menandai dan menjaga dengan jelas setiap batas wilayahnya. Supaya apa? Supaya para negara tetangga tidak sembarangan menyerobot wilayah kita.

Tapi apa gak bisa gitu ya setiap warga dunia berdamai dan gak perlu meributkan batasan tersebut?

Memang repot ya dengan adanya batasan wilayah, mesti urus izin, paspor segala macam untuk ke luar negri. Tapi juga akan lebih repot bila setiap negara tidak memiliki batasan.

Alasannya karena KERAKUSAN. Maaf sebelumnya ini cuma opini saya aja ya. Rasanya akan sulit dibayangkan bila hidup bertetangga tanpa adanya batasan wilayah. Setiap orang, sedikit banyaknya akan berusaha menguasai wilayah yang tidak bertuah. Manusia terlalu rakus untuk tidak melakukan itu semua.

Mungkin ini bawaan sifat manusia. Juga dimiliki hewan dengan sifat teritorial. Sifat teritori ini menandai daerah kekuasaannya. Meski setapak tanah pun tidak dibawah mati, tapi bukan berarti membiarkan orang lain berbuat sesuka hati di wilayah kita.

Batasan juga untuk menandai hak-hak bagi seluruh manusia. Bahwa setiap wilayah yang dimiliki ialah haknya. Orang luar tidak bisa sembarangan memasuki wilayah tersebut.

Penjagaan setiap jenggal wilayah perlu dilakukan agar tidak ada perselisihan di kemudian hari. Negara-negara luar pasti akan tergiur menguasai suatu wilayah jika tanpa memiliki batasan wilayah.

Seperti jaman kolonial, para penjajah barat mungkin melihat nusantara seperti tanah tak bertuan. Seenaknya mereka merebut kekayaan alam yang sesungguhnya bukanlah hak mereka. Batasan-batasan wilayah Indonesia dengan negara tetangga juga merupakan warisan dari penjajah.

Dari ini kita tahu, bahwa sebagai bangsa kita perlu menjaga batasan wilayah yang jelas. Karena bila tidak ada batasan wilayah negara, negara-negara asing akan dengan mudah menguasai tanah, serta kekayaan alam negara.

Setiap negara juga gak bisa berharap begitu saja pada negara lain agar tidak menyerang negaranya. Seperti kita membangun rumah atau pagar, itu sebagai batasan dari tetangga. Didalam rumah juga ada sekat pembatasan setiap ruang. Haha mungkin manusia terlalu suka membuat batasan-batasan, tapi seringnya kok masih suka berbuat diluar batas..

Artikel ini sudah diterbitkan di biartau.id
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga