Skip to main content
aplikasi RoLi Telkomsel
afiliasi Accesstrade
ads

Bagaimana Bentuk Dari Ujung Tembok Besar Cina?


Keperkasaan tembok besar Cina sebagai benteng terpanjang di Dunia memang sudah tidak terbantahkan lagi. Tembok Cina merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Semua kehebatan Tembok Cina mungkin kita semua sudah banyak yang paham. Bentuknya seperti apa juga kamu pasti tahu. Lantas, dimana ujung dari tembok Cina? Sudah tahu belum?


Tentu setiap hal yang ada di dunia ini ada batasnya, apalagi buatan manusia pasti ada ujungnya. Begitu juga dengan tembok Cina. Gak banyak yang tahu bagaimana bentuk dari ujung tembok Cina.

Bangunan tembok raksasa terpanjang yang pernah dibuat manusia terutama orang Cina ini dibangun pada era Dinasty Qing. Memiliki ujung barat yang disebut Top Lake. Sedangkan di ujung Timur disebut Shanhaiguan.

Di ujung Top Lake terdapat situs-situs bersejarah pada pemerintahan Dinasty Qing. Sementara ujung Shenhunguan menyajikan pemandangan laut lepas yang indah.

Shanhaiguan tersebut sering kali dijuluki sebagai The Dragon Head karena bentuknya yang terlihat menyerupai kepala seekor naga raksasa. Selain itu, bentuk replika kepala naga raksasa ini oleh warga Cina disebut sebagai Laolongtou.

Namun bangunan pada ujung Timur Tembok besar Cina tidak sepenuhnya bangunan asli. Karena ketika jaman perang, Jepang menyerang lokasi Shanhaiguan hingga hancur. Dan lokasi Shanhaiguan yang sekarang merupakan upaya otoritas Cina untuk membangun Tembok Cina seperti bangunan aslinya.

Peta tembok besar raksasa Cina - sketsasekelumit.blogspot.com

Dan Tahukah kamu? Jika Tembok China ini bukanlah tembok panjang yang membentang dari barat ke timur tanpa putus. Melainkan merupakan kumpulan tembok yang mengikuti pegunungan Tiongkok Timur. Di Tembok Besar Cina juga ditemui benteng alam berupa tebing, bukit, sungai dan lembah.

Secara keseluruhan panjangnya tembok Cina mencapai 8.850 km. Begitu panjangnya tembok raksasa ini akan memakan waktu berhari-hari jika ditelusuri dengan berjalan kaki. Konon pembangunan Tembok Besar Cina telah melampaui kemampuan manusia pada jamannya.


Comments

Post a Comment

loading...