Skip to main content
aplikasi RoLi Telkomsel
afiliasi Accesstrade

Mengapa Laut Terlihat Berwarna Biru?


Air sebagaimana kita tahu tidak berwarna, atau bening transparan. Setidaknya begitulah kondisi air murni. Namun berbeda dengan air laut yang berwarna biru. Meski jika dilihat dari dekat warna tidak biru. Mengapa bisa begitu ya? Mengapa harus biru?

Mari kita bahas secara asyik yuk. Sebenarnya air itu bukannya tanpa warna seperti kita tahu selama ini. Air memiliki warna yakni berwarna biru. Hal ini bisa terjadi karena air menyebarkan warna biru. Dan warna tersebut berasal dari sinar Matahari.

Sebelumnya kita mesti tahu dulu bahwa sinar Matahari itu putih, bukannya kuning loh ya. Cahaya putih dari Matahari tadi merupakan warna sempurna yang ternyata juga membawa warna lainnya, seperti merah, kuning, biru dll.

Jadi mengapa air laut berwarna biru terjadi sebab ketika sinar Matahari menyentuh air laut yang jernih, cahaya merah dan inframerah diserap dengan cepat oleh air. Sedangkan cahaya biru diserap lebih lambat oleh air. Cahaya biru tadilah yang dipantulkan dan disebarkan didalam air. Sehingga terlihat oleh mata manusia bahwa laut berwarna biru.



Pengaruh kandungan garam di laut juga membuat laut semakin biru atau bisa kita sebut warna biru tua bila kadar garam pada laut semakin banyak. Selain itu laut juga terkadang terlihat berwarna hijau, kenapa ya? Bukan karena Hulk lagi mandi di laut ya.

Laut terlihat berwarna hijau disebabkan karena banyaknya jumlah Fitoplankton di laut. Dan terkadang juga terlihat berwarna merah, karena air laut mengandung banyak gangga.

Lautan mengandung banyak sekali  mulai dari ikan, karang, plankton, dan sebagainya. Materi- materi inilah yang menyebabkan penyerapan cahaya matahari sehingga hanya menyisakan warna biru gelap bagi lautan.

Dan lagi, langit yang biru juga mempengaruhi birunya laut. Namun tidak terlalu signifikan dibanding sebab-sebab mengapa laut berwarna biru seperti disebutkan diatas.

Jadi sudah paham belum mengapa air laut berwarna biru? Dan perlu kamu tahu juga, selain air laut. Jenis air lainnya juga sebenarnya berwarna biru. Seperti air minum kita sehari-hari, namun luas permukaan segelas air  tidak cukup menangkap spektrum biru. Sehingga hanya terlihat bening gitu aja, gak ada warnanya. Kan air laut juga kalau di taruh kedalam wadah juga warnanya gak biru kan. Kesimpulannya sih, ini seperti ilusi mata gitu.

Comments

damn! i love indonesia
loading...