Selasa, 10 Oktober 2017

Mengapa Rambut Manusia Hanya Tumbuh Ditempat Tertentu?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Ilustrasi rambut manusia - techno.okezone.com


Tidak bisa kita pungkiri fisik manusia ialah yang paling sempurna diantara makhluk hidup lainnya. Termasuk keberadaan rambut yang memang berada pada posisi pas. Berbeda dengan spesies mamalia lainnya yang berbulu diseluruh tubuh, kecuali telapak tangan dan kaki 

Sebenarnya manusia ditumbuhi rambut hampir disekujur tubuh, tapi hanya rambut halus. Rambut yang tumbuh tebal hanya dibeberapa tempat saja. Dan tahukah kamu mengapa rambut manusia hanya tumbuh ditempat tertentu saja?

Mungkin jawaban gampangnya sih, karena manusia makhluk sempurna makanya dianugerahi fisik yang begitu sedemikian rupa sedap dipandang.

Tetapi ada penjelasan ilmiahnya loh gaes....

Seperti informasi yang didapat dari merdeka.com (9-10-2017) Menurut ahli biologi evolusi, nenek moyang kita yang merupakan Homo sapiens, memiliki bulu yang menutupi seluruh tubuh. Dibandingkan Homo sapiens zaman sekarang, kita tentu telanjang. Hal ini terjadi karena banyak hal, mulai dari sistem metabolisme, bagaimana manusia berkembang biak, serta perubahan iklim.

Jadi dulunya nenek moyang kita 3 juta yang tahun lalu tinggal di daratan Afrika di masa periode awal peradaban. Kala itu Bumi tengah mengalami pendinginan. Tidak ada hutan untuk berlindung dari cuaca dingin, hanya ada savana yang luas. Sehingga nenek moyang yang merupakan homo sapiens ditumbuhi bulu disekujur tubuh. Ini bentuk adaptasi pada lingkungan dingin.

Setelah suhu Bumi mulai menghangat. Evolusi pada manusia mulai terjadi, bulu-bulu tebal yang sebelumnya menutupi tubuh manusia mulai berkurang. Karena tumbuh bulu atau rambut dipengaruhi oleh keringat. Ini sama seperti ketika kita memakai jaket di cuaca dingin, kemudian ketika cuaca panas melepasnya.

Lalu seiring berganti jaman, rambut manusia hanya tumbuh lebat (rambut terminal) dibagian tertentu seperti sekarang. Rambut yang tumbuh tersisa tersebut, seperti alis yang memang berfungsi sebagai penghalang keringat dari dahi.

Gaya berdiri tegak manusia juga mempengaruhi mengapa rambut kepala tumbuh paling lebat. Karena sebagai pelindung kepala sekaligus sebagai 'mahkota' kepala. Sementara rambut di area kemaluan tumbuh setelah memasuki pase pubertas. Fungsinya sendiri untuk mengurangi gesekan dari benda luar atau ketika aktivitas seksual. Dan jenggot & kumis tumbuh karena hormon. Dimana hormon pria dan wanita berbeda.

Secara keseluruhan mengapa rambut tumbuh pada manusia hanya di tempat tertentu karena lingkungan dan gaya hidup manusia. Termasuk disana makanan yang dikonsumsi. Jadi disyukuri saja ya manusia hanya memiliki rambut yang sedikit.

Artikel ini sudah diterbitkan di biartau.id
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga