Minggu, 22 Oktober 2017

Apa Sesungguhnya Warna Matahari? Bukan Kuning

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Ilustrasi Matahari - jambusters.wordpress.com

Matahari merupakan pusat tatasurya di mana planet kita Bumi berada. Selama ini Matahari digambarkan sebagai "bola panas" yang berwarna kuning atau jingga. Ketika kita menggambar pemandangan dengan gunung ditengah-tengah ada Matahari, kita juga gak sungkan mewarnai gambar Matahari dengan warna Kuning atau dipadungan dengan warna jingga (orange). Pertanyaannya apa benar Matahari memang berwarna Kuning kemerah-merahan? Atau ada warna yang lain?

Mungkin kita boleh sepakat kalau Matahari memang berwarna kuning. Sayangnya, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya Matahari memancarkan sinarnya dalam berbagai warna. Namun manusia hanya mampu melihat warna kuning dengan mata telanjang. Mengapa demikian?

Matahari memancarkan cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda. Manusia melihat Matahari berwarna kuning karena panjang gelombang cahaya kuning paling panjang.

Warna Matahari yang sesungguhnya tidak hanya berwarna kuning - apakabardunia.com


Jika dilihat menggunakan teleskop antariksa, sebenarnya Matahari tidak hanya berwarna kuning seperti selama ini kita tahu. Ada banyak warna yang dipancarkan Matahari. Perbedaan ini ditentukan dari komponen dan suhu yang ada di permukaan Matahari.

Sebagai contoh Sinar kuning kehijauan (5500 Angstroms), umumnya berasal dari material yang memiliki kisaran panas sekitar 5.700 derajat C. Sinar ultraviolet (94 Angstroms) berasal dari atom-atom yang panasnya mencapai 6.300.000 derajat C dan merupakan panjang gelombang yang dapat kita gunakan untuk melihat lidah api atau prominensa.

Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sebuah cahaya yang memancar kemudian menerangi ruangan sekitar kita pada dasar nya disebabkan akibat panjang gelombang cahaya yang dipancarkan diterima oleh mata kita. Namun pada saat panjang gelombang tidak sepanjang yang mata manusia mampu menjangkaunya, maka mata manusia tidak akan dapat melihatnya.

Memang kita gak salah juga bila selama ini kita menggambarkan Matahari berwarna Kuning kemerah-merahan. Karena pada dasarnya warna tersebutlah yang mampu dilihat mata manusia.

Meskipun begitu, kita tetap harus tahu fakta sesungguhnya tentang Matahari yang bukan hanya berwarna kuning. Namun Matahari memiliki banyak warna. Dan selama ini kita rasakan sinar Matahari berwarna putih, bukan kuning.

CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga