Jumat, 05 Januari 2018

Bagaimana Kondisi Internet Saat Pertama Kali Dibuat?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan

Fiuhhh.. Uda tahun baru saja sekarang. Tahun 2018!! Dan tulisan ini merupakan post perdana di tahun ini. Wiiuhh.. Makin tua aja yaa...

Terkait tahun baru, kali ini saya justru bahas yang jadul nih. Yaitu tentang internet versi jadul alias jaman dulu. Kalau jaman now pasti kamu sudah pada tahu kondisi internet saat ini. Dengan segala kecanggihan teknologi, dunia seakan sudah dalam genggaman.

Lantas, gimana ya kondisi internet pada jaman dulu? Maksudnya bentuk internet pada masa awal "teknologi perubah dunia" ini dibuat. Nah loh jadi pada kepikiran gak sih? Dulunya internet ada apa saja? Dimana internet belum ada yang namanya Google, Facebook, Youtube dan website yang selama ini kamu akses.

Internet pada awalnya hanya untuk kepentingan pemerintahan Amerika Serikat dalam menghadapi perang dingin. Perang dingin? Perang yang pake es batu melawan mantan dengan tatapannya sedingin salju. Eh bukan itu..

Jadi dulu pada 4 Oktober 1957 Uni Soviet meluncurkan satelit pertama bernama Sputnik. Sontak membuat AS kebakaran jenggot. Walau pada kenyataannya Sputnik tidak terlalu memberi dampak yang signifikan terkait dengan fungsinya bagi siapapun. Namun tetap aja AS merasa sudah tertinggal satu langkah dalam teknologi.

Singkat aja ya guys..



Kemudian AS membentuk NASA dan ARPA, semacam lembaga penelitian dimana cikal bakal internet ditemukan. Rentang tahun 1962-1965 ilmuwan ARPA dan MIT membuat jaringan komputer pertama. Konon dapat melindungi jaringan komunikasi jika diserang Uni Soviet.

Lalu pada 1969 dibuat jaringan pertama dunia. Sederhananya ada komputer di Hawaii dapat berkirim pesan ke London dan juga sampai ke Norwegia. Jaringan komputer ini saat itu disebut internet. Namun jangan pikir akses internet seperti sekarang ya.

Dan tahun 1970 Vinton Cerf menemukan konsep TCP/IP. Kalau anak TKJ pasti tahu nih. Dengan temuan Cerf ini memungkinkan setiap jaringan komputer kecil dapat terhubung dengan jaringan lainnya dan menyatu menjadi jaringan besar. Dan kemudian sebesar sekarang.

Perlu kamu tahu, pada titik ini. Internet baru bisa berkomunikasi satu sama lain. Maksudnya suatu informasi yang kita bagikan, tidak bisa otomatis dilihat secara global. Dan semua berubah sejak Tim Berners-Lee mengenalkan konsep World Wide Web alias WWW pada 1991.

Jadi internet gak cuma berkomukasi satu sama lain atau apple to apple saja. Jadi ke seluruh dunia. Kemudian dibuatlah "nenek moyang" browser, Mosaic. Pendahulunya Netscape, Firefox, Chrome dll. Untuk saat itu, Mosaic sudah paling keren, karena mampu menampilkan tulisan dan gambar pada satu halaman. Yaa sudah masuk kategori User Friendly lah.

Ketika jaringan internet sudah ada, browser sudah dikembangkan. Pertanyaannya, "netizen" pada saat itu akses apa? Website apa saja yang bisa diakses?

> Buka Pesbuk, mau ngecek notif
> Nge-Tweet
> Bikin Vlog yuk
> Live di Big*
> Kemudian di sleding Kak Seto KW

Jangan aneh-aneh ya. Pada masa awal keberadaan internet belumlah se-variatif saat kini. Pada 25 tahun yang lalu, tepatnya 6 Agustus 1992 Tim Berners-Lee beserta kroninya dalam proyek WWW meluncurkan situs pertama di dunia.

Tidak ada seremonial besar-besaran pada peluncuran situs pertama dunia ini. Isinya juga hanya berupa teks serta penjelasan pembuatan Hyperlink.  Namun saya yakin, dimasa dulu situs sederhana seperti itu sudah bikin bangga banget. Kalau jaman sekarang, sudah viral mungkin.

Namun situs internet pertama di dunia dulu tidak serta merta langsung booming. Sedang Dibuat 6 Agustus, namun baru mendapat kunjungan pertama 23 Agustus 1991. Secara dulu warganet belum bejibun seperti sekarang.

Mau tahu gimana bentuk situs pertama dunia?


Tenang aja agan bro and sist, ini alamatnya http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html 

Tampilannya memang sangat sederhana. Namun situs perdana di internet tersebut merupakan embrio dari situs-situs berikutnya dimasa kini. Awalnya fungsi web belum seramai kini. Baru pada tahun 1993 penggunaan internet dalam hal ini situs atau website mulai marak digunakan sebagai alat baik itu keperluan bisnis, komersial, hiburan, pendidikan dan lainnya.

CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga