Sunday, October 22, 2017

Mengapa Langit Berwarna Biru?

Langit Biru - fraulei14.blogspot.com

Tahukah kamu langit itu berwarna biru. Kalau tidak percaya silahkan menengadahkan kepala keatas dan lihat langit yang biru. Tapi jangan pada waktu malam hari ya lihat langitnya. Faktanya langit memang berwarna biru di siang hari yang cerah. Mengapa demikian?

Penjelasan mengapa langit berwarna biru memang sudah sering dibahas. Namun diantara kita tidak mustahil masih ada yang belum paham mengapa langit biru. Mungkin aja mereka terlalu cuek ya sama langit, setiap hari nunduk mulu lihat gadget mulu.

Oke oke, untuk menjawab mengapa langit berwarna biru?pertama kita mesti tahu angkasa itu ruang hampa dan sebenarnya tidak berwarna. Birunya langit itu disebabkan karena sinar matahari.

Eh tunggu dulu, bukannya matahari berwarna kuning ya? Kok bisa jadi biru?

Warna biru langit disebabkan dari interaksi cahaya matahari dan lapisan atmosfer. Matahari memancarkan cahaya putih yang terbuat dari partikel-partikel cahaya yang berwarna berbeda, dan memiliki panjang gelombang yang berkoresponden.

Perbedaan terjadi ketika sinar matahari bersentuhan dengan zat lain semisal air. Pembiasan akan terjadi pada Sinar matahari yang menembus medium lain (air). Begitu pun cahaya matahari akan terpecah menjadi beberapa warna tergantung sudut pandangnya.

Panjang gelombang cahaya paling banyak tersebar pada lapisan bawah. Pada atmosfer lapisan bawah, oksigen dan nitrogen menyebarkan gelombang cahaya pendek berwarna biru dan nila.

Dan faktanya penyebaran cahaya berwarna nila lebih luas ketimbang cahaya yang berwarna biru. Meskipun partikel atmosfer lebih banyak menyebarkan cahaya berwarna nila. Namun langit tetap terlihat biru karena mata manusia lebih sensitif pada warna biru. Terlebih lagi sebagian cahaya nila telah terserap oleh lapisan atmosfer bagian atas.

Jadi kesimpulannya birunya langit juga dipengaruhi oleh penglihatan manusia sendiri. Dan juga karena interaksi cahaya Matahari dengan atmosfer. Maka itu kalau pemandangan langit di luar angkasa tidak biru seperti di Bumi.

Sumber : liputan6.com

loading...
Previous Post
Next Post