Friday, March 6, 2020

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Laga atau Cupang Jantan dan Betina

Kali ini saya memakai kata "ikan cupang" setelah pada artikel sebelum ada Plukers yang bingung karena saya menggunakan istilah "ikan laga". Meski sebenarnya ini gak ada bedanya, hanya beda nama saja.

Nah, yang beda itu jantan dan betina. Sudahkah Plukers tahu membedakan jenis kelamin ikan cupang? Mana ikan cupang jantan dan betina?

Langkah untuk membedakan jenis kelamin ikan laga sebenarnya gampang. Secara sekilas pandang saja, antara ikan cupang jantan dengan betina memiliki perbedaan yang kontras.

For you info nih Plukers, Ikan cupang jantan tampak lebih cantik dibanding betina. Beda sekali dengan manusia ya. Memang beberapa jenis hewan, bentuk jantan lebih menarik dibanding betina. Tujuannya agar jantan dapat menarik betinanya.

Simak berikut ini yuk Plukers, cara membedakan jenis kelamin ikan cupang

Ekor jantan lebih lebar dibanding betina




Sangat kontras sekali perbedaan ikan cupang jantan dengan betina. Seperti gambar diatas, terlihat ekor ikan cupang lebih panjang dibanding betinanya. Mudah bukan membedakan keduanya.

Namun beberapa jenis ikan cupang seperti jenis Halfmoon, terkadang ikan cupang betina juga memiliki ekor panjang. Namun, tetap saja ekornya tidak seindah ekor jantan. Kasian ya si betina.

Ikan cupang jantan lebih cantik dibandingSangat kontras sekali perbedaan ikan cupang jantan dengan betina. Seperti gambar diatas, terlihat ekor ikan cupang lebih panjang dibanding betinanya. Mudah bukan membedakan keduanya.

Namun beberapa jenis ikan cupang seperti jenis Halfmoon, terkadang ikan cupang betina juga memiliki ekor panjang. Namun, tetap saja ekornya tidak seindah ekor jantan. Kasian ya si betina.

Ikan cupang jantan lebih cantik dibanding



Cantik tidaknya suatu objek memang relatif. Namun seperti terlihat pada gambar diatas. Kita mungkin sepakat kalau ikan cupang jantan jauh lebih cantik parasnya dibanding betinanya. Saya kira cukup mudah membedakan antara jantan dan betina. Bahkan bagi seorang pemula.

Ada objek putih atau telur di perut ikan cupang betina



Bertelur memang menjadi tugas binatang berjenis kelamin betina. Tak tercuali dengan ikan cupang betina. Saat kawin, ikan cupang betina menguluarkan telur untuk selanjutnya di dibuahi oleh jantan.

Biasanya ikan cupang betina memiliki tanda putih di perutnya. Biasa terdapat pada ikan cupang betina dewasa. Tandanya ikan cupang betina sudah siap bertelur.

Ikan cupang jantan lebih agresif



Secara umum ikan cupang terkenal bersifat agresif dan teritori. Artinya ikan jenis ini gak suka bila ada ikan lain yang memasuki wilayah kekuasaannya. Meski ikan cupang betina juga bersifat agresif, namun masih kalah agresif dibanding jantannya.

Untuk melakukannya. Letakkan ikan cupang jantan di botol atau toples transparan. Ikan cupang jantan biasanya langsung bergerak agresif, mengibaskan ekor indahnya. Sangat beda dengan ikan cupang betina yang lebih kalem.

Baiklah, cukup 4 cara saja yang saya bagikan untuk Plukers semua tentang bagaimana cara membedakan jenis kelamin ikan cupang. Gak usah banyak-banyak, takutnya malah jadi bingung.

Paling gampang membedakan jenis kelamin ikan cupang ini ketika usia ikan memasuki umur 2 - 3 bulan. Semakin berumur ikan, biasanya akan lebih mudah membedakan jantan atau betinanya. Memang di usia seperti itulah ikan cupang sudah mulai layak di kawinkan. Kalau masih terlalu kecil, kan belum bisa dikawinkan.

Oke, bila Plukers masih bingung juga membedakan jenis kelamin ikan cupang. Tenang saja, Google masih belum tutup. Plukers juga bisa menemukan penjual ikan cupang setempat. Tanyakan saja kepadanya bila masih bingung bedakan jantan dan betinanya.

Artikel ini sudah terbit di Plukme.com
loading...
Previous Post
Next Post