Jumat, 27 Maret 2020

Indonesia Sering Disebut Juga Sebagai Ibu Pertiwi, Siapakah Sebenarnya Ibu Pertiwi Tersebut?



Citra seorang wanita atau seorang dewi agung dalam busana tradisional kuno zaman kerajaan Hindu-Buddha di Monumen Nasional, Jakarta yang merupakan penggambaran populer Ibu Pertiwi di Indonesia.

Kenalkah kamu dengan Ibu Pertiwi? Atau pernahkah kamu mendengar istilah "kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi" bagi mereka yang sudah merantau di luar negeri, bagi mereka yang dulu pernah niat makar atau ketika Republik Indonesia kembali memiliki saham mayoritas atas Freepot, Papua ; "Freeport kembali kepangkuan Ibu Pertiwi".

Saat pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti sekarang. Di media massa sering diputarkan lagu " Ibu Pertiwi". Sungguh menyentuh sekali lagu tersebut. Terlebih saat-saat sulit.

Indonesia juga kerap disebut "Bumi Pertiwi". Lalu pertanyaannya, siapakah Ibu Pertiwi? Mengapa nama Pertiwi disamakan dengan nama Indonesia?

Ibu Pertiwi merupakan personifikasi nasional Indonesia, sebuah perwujudan tanah air Indonesia. Sejak masa prasejarah, berbagai suku bangsa di kepulauan Nusantara sudah menghormati roh alam dan kekuatan bumi, mereka mengibaratkannya sebagai ibu yang memberikan kehidupan, sebagai dewi alam dan lingkungan hidup. Setelah diserapnya pengaruh Hindu sejak awal millenia pertama di nusantara, dia dikenal sebagai Dewi Pertiwi, dewi bumi.

Penyebutan Ibu Pertiwi sebagai personifikasi Indonesia ternyata sarat sejarah dan budaya nenek moyang negeri ini. Bahkan sebelum Indonesia masih disebut Nusantara, ah lebih jauh dari itu ternyata.

Dalam hal ini, bangsa Indonesia ternyata amat menghargai sejarah dan kebudayaan. Penyebutan "Ibu Pertiwi" masih lestari bahkan diabadikan dalam lagu kebangsaan.

Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan bertema patriotik, seperti lagu "Ibu Pertiwi" dan "Indonesia Pusaka". Dalam lagu kebangsaan "Indonesia Raya", lirik dalam bait "Jadi pandu ibuku", kata "ibu" di sini merujuk kepada Ibu Pertiwi. Meskipun Ibu Pertiwi populer dalam berbagai lagu dan puisi perjuangan, perwujudan fisik dan citranya jarang ditampilkan di media massa Indonesia.

Nah, bagaimana? Sudah kenalkah dengan Ibu Pertiwi?

Sumber & referensi
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ibu_Pertiwi

loading...
Previous Post
Next Post