Selasa, 14 Mei 2019

Mengapa Manusia Perlu Aturan? Bukannya Lebih Enak Hidup Bebas Aja

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Manusia - hipwee


Manusia perlu aturan agar tidak terdapat pertentangan (konflik) dalam interaksi antar sesama manusia di lingkungan masyarakat. Mengapa demikian?

Di tengah lingkungan masyarakat terdapat banyak aturan. Aturan ini dapat berupa aturan tak tertulis seperti norma dan etika, atau aturan terlusi seperti hukum dan undang-undang.


Aturan pada dasarnya dibentuk agar manusia dapat menjalankan haknya, tanpa mengurangi atau melanggar hak orang lain. Seperti yang disebutkan Thomas Hobbes dalam karyanya “De Cive”, bahwa "Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya". Maksudnya manusia akan saling menyakiti satu sama lain, karena keinginan manusia untuk mendapatkan haknya dan memenuhi kebutuhannya akan mendorong untuk melanggar hak orang lain, bila tidak ada aturan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik. Karena itulah manusia memerlukan aturan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut.


Contohnya adalah saat kita berkendara di jalan. Pengendara kendaraan bermotor memiliki hak untuk melintas, sementara pejalan kaki memiliki hak untuk menyeberang. Tanpa aturan, maka akan terjadi kecelakaan saat keduanya berebut menggunakan jalan. Karena itu diperlukan aturan lalu lintas di jalan, seperti aturan zebra cross dan lampu merah, agar terjadi ketertiban dan mencegah terjadinya konflik.

Sumber: brainly.co
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga