Kamis, 27 Juni 2019

10 Cara Melawan Kantuk Agar Tetap Produktif Sepanjang Hari

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan

Umumnya rasa kantuk datang saat malam hari ataupun ketika hendak tidur siang. Namun apa jadinya bila rasa kantuk datang tidak mengenal waktu, saat bekerja misalnya. Alhasil kinerja tidak maksimal, konsentrasi berantakan dan produktifitas menurun.

Tentunya kamu tidak mau kejadian demikian menimpan dirimu. Khusus buat kamu yang kesulitan menahan rasa ngantuk. Berikut 10 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melawan Rasa Mengantuk:


1. Lakukan Olahraga Pagi



Ilustrasi olahraga pagi - Shutterstock
Isi aktivitas pagi kamu salah satunya dengan olahraga pagi. Gak perlu sampai melakukan olahraga berat. Olahraga ringan saja sekitar 3-5 menit saja sudah cukup.

2. Kurangi minum kopi dan minuman berenergi



Ilustrasi minuman berenergi - intisari online

Minuman sejenis ini mungkin dapat memberi kamu dorongan energi dalam waktu singkat. Namun bika dikonsumsi berlebih, kamu akan kehilangan sisa energi efek dari dorongan buatan. Selain itu kamu jadi kesulitan memulihkan kondisi keesokan hari.

3. Sarapan dengan es krim



Ilustrasi sarapan es krim - theasianparent.com

Memakan es krim membantu membangunkan otak. Es krim yang dingin akan membangkitkan sarap di otak. Namun cara ini gak dianjurkan untuk sering dilakukan. Karena akan meningkatkan kandungan gula dalam darah.

4. Kurangi konsumsi gula



Ilustrasi gula - Shutterstock

Kelebihan gula darah membuat tubuh menjadi lelah. Bila kamu ingin memakan makan yang manis. Maka pilihlah gula sebagai alternatif yang sehat. Dan ingat, secukupnya saja.

5. Mandi dengan air panas atau air dingin



Ilustrasi mandi air panas - istimewa

Sebuah cara sederhana dan klasik yang mungkin kamu sudah paham. Bahkan dengan mencuci wajah dengan air dingin mampu sekejab membangunkan kamu dari rasa kantuk. Tapi ingat loh, sebaiknya mandi secara keseluruhan bukan cuci muka doang.

6. Dapatkan lebih banyak oksigen



Ilustrasi istirahat - hitsss.com

Pastikan kebutuhan oksigen kamu terpenuhi. Cara ini membantu kamu melawan rasa kantuk. Oksigenisasi membantu membangunkan otak. Caranya sederhana. Gak perlu pakai tabung oksigen.

Mulai dengan cara rebahan. Letakan tangan kamu diatas perut, dibawah tulang rusuk. Dan letakkan tangan lain di dada. Tarik nafas dalam-dalam dengan hidung dan rasakan perut kamu mendorong tangan.

Hembuskan nafas melalui mulut seperti bersiul. Rasakan tangan kamu dibagian perut turun seiring dengan habisnya nafas. Lakukan latihan ini sekitar 5-10 menit agar kamu lebih berenergi dan tidak mengantuk.


7. Keluar rumah sebentar



Ilustrasi ruangan - Abu Umar/Islampos

Sempatkan keluar rumah beberapa menit saja. Luangkan waktu untuk menghirup udara bebas di pagi hari. Sekurang-kurangnya buka jendela dan biarkan udara bebas memasuki ruangan.


8. Buat dan ikuti jadwal



ilustrasi jadwal harian - tipspengembangandiri.com

Mengatur berbagai agenda kedalam jadwal harian membuat kamu lebih konsentrasi. Dengan mengikuti jadwal secara teratur membuat kamu tidak terbebani dengan informasi yang berlebihan. Kamu jadi lebih rileks menjalani berbagai aktivitas seharian karena sudah menuliskannya terlebih dahulu. Dan pastikan tuliskan juga jadwal untuk istirahat.


9. Tidur siang, cukup 15-20 menit saja



Ilustrasi tidur siang - liputan6.com

Tidur siang amat berharga bagi mereka yang punya aktivitas segudang. Bila waktu tidur pada malam hari tidak cukup atau terpaksa begadang. Maka bisa ditutupi dengan tidur ditengah hari. Jika kamu berkesempatan tidur siang, maka tidurlah sekitar 15-20 menit untuk mengembalikan energi kamu.


10. Hidupkan suasana



Ilustrasi ketawa - fimela.com

Kalau kamu ingin melawan rasa kantuk, namun nyatanya berada di ruangan bercahaya redup, maka sama saja bohong. Secara natural manusia menjadi lebih mengantuk saat berada di ruangan bercahaya redup.

Maka itu buatlah tempat lingkungan kamu menjadi terang. Buatlah suasana lebih hidup. Kamu bisa liat beberapa video lucu dan bikin ketawa. Diharapkan kamu bisa lebih berenergi setelahnya.

Demikianlah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa ngantuk. Tapi kalau ada kesempatan ruang dan waktu untuk istirahat, maka segeralah untuk tidur. Jangan lagi dilawan kantuknya. Dan jangan tidur terlalu lama karena justru bikin semakin mengantuk. Semoga bermanfaat.

Artikel ini sudah terbit di Biartau.id
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga