Thursday, April 16, 2020

Siapa Orang Pembuat Aplikasi Tik Tok?


Gambar: technobusiness.id

Lagi heboh sama aplikasi Tik Tok? Sebenarnya saya malas melabeli kata 'heboh' untuk seukuran aplikasi yang tidak terlalu berguna. Saya tidak tahu lebih jauh apa itu Tik Tok, yang jelas aplikasi tersebut citranya telah tercoreng oleh penggunaya sendiri.

Meski belakangan saya tahu bahwa Tik Tok pada dasarnya tidak jelek-jelek amat. Dulu banyak  orang yang mencibir Tik Tok. Namun kini lihat saja seperti apa orang-orang keranjingan Tik Tok. Menurutku Tik Tok aplikasi yang canggih. Mempermudah penggunanya untuk buat video pendek dengan dukungan musik electro dan spesial efek yang keren.

Dan mengoprasikan Tik Tok juga gampang. Karena memang ditunjukkan kepada remaja.

Tik Tok sebenarnya bagus-bagus saja jika digunakan dengan baik. Namun ditangan abg-abg labil Tik Tok berbeda cerita.

Tipikal anak-anak jaman now yang suka main Tik Tok, tentu tidak semua berpikir menghasilkan karya yang bagus dari Tik Tok.

Asal bisa jadi hiburan dan seru-seruan saja itu sudah cukup. Terlebih yang dipikirkan banyak pengguna Tik Tok ialah viral. Alhasil apapun dilakukan demi sebuah ketenaran.

Maka tak heran jika konten yang ada di Tik Tok tidak lebih seperti (maaf) sampah. pemerintah lewat Kemenkominfo sempat memblokir aplikasi Tik Tok karena dianggap memberi dampak buruk untuk anak-anak Indonesia.

Dan kini Tik Tok dengan segala kebobrokannya. Hellow... Netizen mana yang tidak tahu Tik Tok? Namun bagaimana dengan siapa pembuat Tik Tok? Sudah tahukah kamu?

Aplikasi Tik Tok merupakan aplikasi asal Tiongkok. Tentu pembuat juga berasal dari Tiongkok. Masa iya berasal dari Bikini Bottom.

 
Gambar: liputan6.com

Zhang Yewing, dialah pria Tiongkok sebagai orang dibalik aplikasi Tik Tok. Pengusaha asal negeri Tirai Bambu ini sukses dengan bisnis platform konten digitalnya.

Zhang Yeming Diketahui sebagai pemimpin Beijing ByteDance. Sebuah platform konten salah satu terbesar di Tiongkok. Juga sebagai pendiri Toutiao, sebuah platform berita.

Jadi Tik Tok yang sedemikian populernya, tidak hanya satu-satunya bisnis milik pengusaha lulusan Nankai University ini.

Tak heran jika Forbes pada 2013 telah melaporkan bahwa Zhang Yiming masuk kedalam 30 orang terkaya dibawah usia 30 tahun di Tiongkok.

Artikel ini dibuat saat aplikasi Tik Tok tengah diblokir di Indonesia (2018). namun telah disesuaikan denga keadaan sekarang. Sekedar informasi, kini  (2020) dimasa Pandemi Covid-19, pihak Tik Tok menyumbang Rp.100 milyar untuk dana kemanusiaan melawan virus Corona jenis baru. Gak ada yang tahu dunia akan berubah. seperti Tik Tok yang dulu dianggap sampah, hampir semua orang mem-bully "Bowo". Tapi lihatlah kini. berikut ini kutipan artikel saat Tik Tok diblokir yang saya buat tahun 2018.
Sekarang Tik Tok telah diblokir di Indonesia. Entahlah apa pengaruhnya pemblokiran Tik Tok ini bagi perusahaan milik Zhang Yeming. Mengingat pengguna Tik Tok di tanah air lumayan banyak, secara Indonesia di urutan 6 pengguna internet terbesar di dunia.

Apapun pengaruhnya, pemblokiran Tik Tok tentu akan berdampak baik bagi anak-anak Indonesia yang selama ini telah terpapar dampak negatif dari Tik Tok.
loading...
Previous Post
Next Post