Thursday, April 16, 2020

Siapa Penemu Hashtag atau Tagar? yang Jelas Bukan Simpatisan Capres ya


Siapa sih netizen yang tidak tahu sama hashtag? mungkin hanya mereka yang kurang update ya. Simbol # ini belakangan semakin meramaikan jagad maya. Di pelopori oleh Twitter, hingga kini rasanya timeline terasa hambar tanpa adanya hashtag. Terlebih fungsi hashtag sangat vital untuk keperluan promo di medsos.

Bahkan penggunaan hashtag bisa untuk promosi capres lho, tapi entahlah. Itu urusan orang sebelah.
Urusan saya disini hanya memuaskan rasa penasaran saya. Melalui tulisan ini misalnya, barangkali kamu dan kalian semua juga ada yang bertanya-tanya, siapa sih yang menemukan #hashtag ?

Seperti dijelaskan diatas, penggunaan fitur hashtag di medsos dipelopori oleh Twitter. Tapi tahukah kamu siapa sosok manusia dibaliknya?

*sosok manusia* sepertinya ada yang salah dengan tata bahasa saya ^^

Oke semua, kita kenalan dulu sama Chris Messina, sang penemu hashtag.


Hashtag atau tanda pagar/tagar (#) yang kini populer di beberapa layanan media sosial, berawal dari kicauan @chrismessina pada 23 Agustus 2007. Tagar ini, sekarang populer di Twitter, GooglePlus, Instagram, dan kabarnya Facebook pun tertarik menggunakannya.

how do you feel about using # (pound) for groups. As in #barcamp"> #barcamp [msg]?
-- Chris MessinaTM ( @chrismessina ) August 23, 2007
Namun ada pula yang sempat menyangsikan ide pria kelahiran tahun 1981 asal AS ini. Tetapi bisa saja Messina benar karena faktanya penggunaan tagar baru menjadi bagian penting dalam komunikasi tulisan sejak tahun 2010.

Ginger Wilcox, salah satu pendiri Social Media Marketing Institute, bahkan pernah menyatakan di situs The New York Times bahwa 2010 sebagai tahunnya "hashtag".

Chris Messina sebenarnya hanya pengguna Twitter biasa. Hanya saja idenya untuk penggunaan hashtag ini benar-benar telah merevolusi media sosial. Dan mempermudah netizen menemukan kata kunci atau trending topic. Inisih sangat membantu banget untuk tetap up-to-date.

For you info ini guys, meski Chris Messina ini disebut sebagai penemu hashtag. Namun bukan berarti Ia juga yang menemukan simbol #. Karena faktanya simbol # ini sudah mulai digunakan sejak abad ke-12.

Namun berhubung agar tulisan di Medium ini tidak terlalu panjang. Kamu bisa lanjut membaca di tulisan saya disebelah Jangan Tahunya Cuma Perang Tagar, Sejarahnya Sudah Tahu Belum?

 

Sumber: https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/chris-messina-si-penemu-hashtag

loading...
Previous Post
Next Post