Minggu, 12 Januari 2020

Diresmikan Presiden Jokowi di Merauke Sebenarnya Apa Itu "Kapsul Waktu" ?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Baru - baru ini Presiden Jokowi telah meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Jumat (16/11/2018). Sebelum diresmikan Monumen Kapsul Waktu ini ternyata sudah viral duluan dengan sebutan "Markas Avangers".

Mengapa disebut mirip "Markas Avangers", karena memang bentuknya mirip Markas Avangers yang ada di Amerika. Dan disesuaikan bentuk bangunan masa depan. Lihat saja sendiri noh..

Gambar: Instagram/Youtube

Selain itu, saat acara peresmian Monumen Kapsul Waktu yang sebenarnya namanya adalah Monumen KWII (Kapsul Waktu Impian Indonesia) bukan markas Avangers. Terlihat juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggendong anak Papua menaiki tangga di Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua. Dan fotonya sempat viral di jagad maya. Seperti ini..
 
Gambar: Lailly Rachev/Biro Pers Setneg

Tapi di artikel ini saya gak bahas lebih jauh tentang presiden Jokowi. Saya bahas yang santai saja ya, jangan nyerempet ke politik. Plukme kan media yang netral.
 
Gambar: Ist/Biro Pers Setneg

Dan yang perlu kamu tahu nih Plukers, Monumen Kapsul Waktu di Merauke ini dibuat bukan hanya seremonial semata. Gampangnya saja nih kita lihat saja sebuah infografik yang sengaja saya pinjam dari sebuah media online sebut saja namanya kompas.com
 
Kompas.com/Akbar Bhayu Tamtomo

Singkatnya Kapsul Waktu Impian Indonesia diletakkan secara permanen dan akan dibuka oleh generasi selanjutnya tahun 2085. Sebagai wujud impian, harapan, motivasi bangsa Indonesia untuk 70 tahun mendatang. Agar generasi medatang tahu kehidupan sekarang dan mereka tahu apa yang mesti diwujudkan impian yang belum tercapai oleh pendahulunya.
Katakanlah ini sebagai resolusi tahun baru yang ditulis setiap awal tahun. Eh, apakabar resolusi 2018? Haha, lupakan.

Oke Plukers, #SebenarnyaApa sih yang dimaksud dengan Kapsul Waktu? Apa mirip seperti kapsul obat dari dokter terus isinya arloji. Hmm.. Atau apaansih?
Jujur saya pertama kali tahu kapsul waktu itu dari serial Spongebob Squarepants. Plukers pasti tahukan episode dimana Tuan Krab membuat Kapsul Waktu di halaman Krusty Krab. Isinya kapsul tersebut barang-barang dari warga Bikini Bottom.
 
Gambar: Screenshot Youtube
Awalnya saya gak ngeh dengan kapsul waktu ini. Namun saat itu (nonton Spongebob) saya gak mau cari tahu lagi. Saya pikir, untuk apa sih ngumpuli barang-barang dalam suatu wadah yang disebut kapsul. Kemudian dipendam atau disimpan secara permanen hingga waktu yang ditentukan.
Sampai akhirnya kemarin di Indonesia juga bikin kapsul waktu. Wah, ternyata kapsul waktu di Spongebob tadi bukan lelucon saja. Siapa sangka ternyata kapsul waktu ialah sebuah ilmu pengetahuan yang gak sembarangan.

Mengutip dari Wikipedia, Kapsul waktu adalah sebuah penyimpanan barang atau informasi sejarah, biasanya ditujukan sebagai metode komunikasi dengan orang masa depan dan untuk membantu para arkeolog, antropolog atau sejarawan masa depan. Kapsul waktu terkadang dibuat dan dikubur saat perayaan seperti pameran dunia, sebuah batu penjuru diletakkan untuk sebuah gedung atau acara-acara lainnya.

Sejak abad ke-19 kapsul waktu sudah banyak dibuat oleh orang barat. Mereka mengumpulkan barang-barang yang unik untuk kemudian disimpan rapat-rapat. Agar kelak generasi yang akan datang dapat menemukan barang-barang tersebut dan mempelajari sejarahnya tanpa kesusahan.
Setidaknya tidak seperti saat sekarang ini. Dimana para ahli arkeolog, antropolog dan sejarah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari kehidupan masalalu. Katakanlah dengan kapsul waktu kita belajar dari masalalu. Dimana kita mempermudah orang masa depan untuk mempelajari kehidupan dijaman sekarang.

Jadi Kapsul Waktu di Merauke, Indonesia bukan sekedar acara seremonial belaka. Namun dan maksud dan impian besar bangsa Indonesia. Dan tradisi kapsul waktu ini sudah sejak lama ada di dunia.



   Century Safe - Boombastis

Kapsul Waktu tertua saat ini diketahui ialah Century Safe. Kapsul Waktu ini dibuat sejak tahun 1876. Cantury Safe terbuat dari kota besi yang di dalamnya diisi dengan pulpen emas, buku, koleksi hal-hal unik dari Amerika dan foto dari Presiden Ulysses S. Grant. Dan pada 1976 Kapsul Waktu ini sudah dibuka oleh Presiden Amerika kala itu Gerald Ford. Dari dalam kotak barang-barang dari masalalu masih tersimpan dengan baik.

Menarik bukan kapsul waktu ini. Dimana kita bisa menyimpan benda jaman sekarang dengan harapan generasi masa depan bisa melihatnya kembali. Misalnya menulis pesan ke keturunan kita nanti "Cuk, ini foto kakek buyutmu". Nah gitulah kira-kira..

Sumber:
Liputan6.com
Boombastis.com
id.wikipedia.org
Gambar utama:
Dok. Kementrian PUPR

Artikel ini sudah terbit di Plukme.com
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga