Kamis, 23 November 2017

Mengapa Harus Membaca Buku? Bukannya Ada Internet

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan

Membaca buku merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat. Membuat pembacanya meluas wawasannya, juga sebagai cara paling ampuh untuk menimba ilmu. Tidak heran bila banyak negara yang menggalakkan budaya membaca bagi anak-anak. Tentu buat orang dewasa juga mesti rajin membaca ya. Kamu mesti tahu alasan mengapa membaca buku itu penting!!

Meski jaman sekarang sudah ada internet yang mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi. Namun keberadaan buku tidak boleh dikesampingkan. Karena dengan membaca buku, akan banyak ilmu dan wawasan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui bahkan kepikiran sekalipun. Dan boleh jadi minat dan bakat akan terinspirasi dari hasil membaca buku.

Berbeda bila hanya mengandalkan internet, kita hanya membaca hal yang ingin kita ketahui aja. Dan buku sekarang juga telah tersedia dalam versi digitalnya. Sama-sama buku, tapi kalau buku digital atau e-book tidak berbentuk fisik seperti buku pada umumnya.

Buku biasa maupun e-book sebenarnya sama saja manfaatnya, hanya saja sensasi membaca buku secara konvensional rasanya sulit tergantikan. Bener apa bener?

Meskipun sumber ilmu di jaman sekarang sudah beragam dan bisa dari media manapun. Namun tetap selalu ada alasan Mengapa membaca buku itu penting!!

Sebagai obat efektif untuk susah tidur

Sering mengantuk ketika lagi baca buku? Itu wajar kok, saya sering gitu juga. Justru ini menjadi kabar baik buat kamu yang sering insomnia. Mulai sekarang, ketika hendak tidur lebih baik enyahkan itu yang namanya gadget dan bacalah buku. Memang sulit sih, secara jaman now itu sedetik aja jauh dari gadget rasanya susah. Tapi kalau mau usaha, gak mustahil.

Matamu Akan Lebih Sehat Karena Fokus pada Satu Sumber Penerangan

Dalam hal sumber penerangan, membaca buku jelas jauh berbeda dengan membaca darigadget. Sewaktu membaca buku, sumber peneranganmu hanya berasal dari lampu ruangan atau mungkin sedikit tambahan lampu belajar. Sedangkan jika membaca darigadget, matamu juga harus menyesuaikan daya akomodasi lensa dengan sumber cahaya dari layargadget. Hal ini yang menyebabkan membaca darigadgetmembuatmu mudah lelah dan rentan mengalami kerusakan mata dibandingkan dengan membaca buku.

Gangguan Ketika Baca Buku Lebih Sedikit daripada Gangguan 

Alasan yang satu ini pasti terpampang nyata dan kamu rasakan benar perbedaannya. Membaca buku membuat konsentrasimu tertuju pada hal yang sedang kamu baca. Sementara membaca dari gadget benar-benar dapat terusik oleh banyak gangguan. Masih ingat bagaimana pop upiklan, chat dari teman, atau notifikasi media sosial mengganggu aktivitas membacamu digadget?

Daya Ingat dan Konsentrasi Meningkat Jika Rajin Membaca Buku


Beberapa penelitian sederhana sudah membuktikan kalau membaca buku membuat konsentrasi dan daya ingatmu semakin meningkat. Bahkan sebuah percobaan yang dilakukan di Norwegia juga menunjukan hasil mengejutkan. Bahwa orang yang diajak membaca novel daribuku saku mampu mengingat alur cerita secara lebih baik dan lengkap daripada orang yang membaca novel dari gadget. 

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Sembari Membaca Buku Favoritmu!

Membaca darigadgetmemang menyenangkan. Banyak ilustrasi menarik berformat audio, visual, maupun audio visual. Ilustrasi tersebut tidak banyak kita dapatkan melalui buku. Kalau pun ada, mungkin hanya berupa ilustrasi visual seadanya. Jangan berkecil hati karena minimnya ilustrasi pendukung di buku. Justru hal tersebut membuat imajinasi dan kreativitasmu lebih berkembang. Secara tak langsung, kamu akan lebih kreatif dalam menginterpretasikan isi buku dibenakmu.

Kamu Bisa Membaca Buku Kapan Pun Kamu Mau, Tanpa Tergantung Oleh Teknologi

Kalau mau membaca darigadget, kamu butuh ruangan yang terang, koneksi internet untuk mengunduh bahan bacaan, serta bateraigadgetyang mencukupi. Tetapi kalau membaca buku, yang kamu butuhkan hanyalah penerangan yang memadai serta buku kesukaanmu. Sewaktu internet sedang bermasalah, kamu bisa terus melanjutkan kegemaranmu membaca buku. Tentu saja tanpa marah-marah dan mengumpat karena koneksi internet yang tidak bisa diandalkan.

Sensasi Mendapatkan dan Membuka Buku Baru Tidak Bisa Digantikan Oleh Apa Pun

Sebuah penelitian yang dipublikasikan diJournal Library and Information Science Researchtahun 2014 mengungkapkan fakta unik seputar membaca buku baru. Ase Kristine Tvait, sang pemimpin penelitian, menyatakan kalau sensasi membaca buku baru tidak bisa digantikan oleh apa pun. Seseorang akan merasakan kepuasan tersendiri ketika membuka kemasan plastik pembungkus buku, menyentuh halaman demi halaman yang masih rapi, serta mencium aroma khas kertas pada buku baru. Kepuasan sederhana ini mampu meningkatkan mood dan membuatmu semakin tertarik membaca buku.

Demikian itu tadi alasan-alasan mengapa membaca buku itu penting, bahkan penting banget!!

toko buku online belbuk.com

Dan kemudahan yang ditawarkan dari kemajuan teknologi juga memudahkan kita mendapatkan buku-buku favorit. Proses membeli buku kini bisa melalui online. Tinggal klik buku sudah sampai rumah. Saya rekomendasikan Belbuk.com untuk mencari dan membeli buku favorit kamu.

Sumber: rula.co.id
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga