Senin, 06 November 2017

Bisakah Manusia Menggali Bumi Menembus ke Sisi Lainnya?

daftar bank Neo, dapat bonus, gratis transfer antar bank dan banyak cuan
Sebuah pertanyaan nyeleneh yang mungkin pernah ada dibenak kita sedari kecil atau malah sudah dewasa kini masih kepikiran ide gila "mengebor" Bumi sampai tembus ke sisi lainnya. Aduu sudah kayak goyang Inul aja ya, goyang ngebor.

Tapi kamu gak perlu merasa gila sendirian jika punya pikiran untuk menggali Bumi sampai tembus. Misalnya kita di Indonesia melubangi bumi terus tembus sampai Amerika atau entah ke laut belahan Bumi lainnya.

Kabarnya kisah demikian sudah pernah dilakukan oleh sekelompok orang. Mengutip dari liputan6.com (4/11/2017) sekelompok ilmuwan di Peninsula, Rusia pada 1970-an pernah melakukan proyek untuk 'melubangi Bumi' niat awal mereka ingin melubangi Bumi sedalam mungkin bila perlu sampai tembus.

Namun di tengah jalan mereka berhenti di kedalaman 12 km. Konon dikedalaman tersebut suhu mencapai 1000 derajat Celcius. Dan yang membuat mereka ketakutan sampai menghentikan proyek gila ini sebab mereka mendengar suara jutaan orang sedang disiksa. Akhhh.. Seperti lagi di neraka!!

Kabarnya sih kisah tersebut pada umumnya bohong. Namun 1 kebenaran terselip dalam kisah tersebut bahwa Soviet pernah berencana 'melubangi' Bumi. Namun berhenti di kedalaman 12 km. Kedalaman tersebut hanya 0,1 dari kedalaman Bumi yang dibutuhkan untuk menembus Bumi.

Untuk sekarang usaha menggali menembus Bumi bisa dibilang mustahil. Karena siapapun yang menggali menembus Bumi akan menemui kendala yang mustahil dilewati. Yakni panasnya inti Bumi. Perlu kamu tahu, kita yang selama ini enak-enak tinggal di kerak Bumi dengan suhu pas seperti sekarang. Didalam bumi ini ada yang namanya perut, inti dan dalaman Bumi yang memiliki suhu WOW. Dengan teknologi manusia seperti sekarang, mustahil untuk melubangi Bumi sampai tembus kesisi lainnya lagi. Tuh lihat, saya sampi tulis kata "mustahil" sampai 3 kali.

Jika kita bisa berandai-andai Bumi ini bisa digali sampai tembus. Akan ada sebuah terowongan yang seolah-olah membelah Bumi. Abaikan dulu proses menggalinya.



Terowong gravitasi akan tercipta jika Bumi berhasil ditembus. Namun hal ekstrim lainnya masih berlanjut. Gravitasi dalam terowong tersebut akan melemah jika melewati inti Bumi. Seseorang yang memasuki terowongan "penembus Bumi" dibayangkan seperti pendulum. Pastikan seseorang yang memasuki terowongan tersebut untuk segera keluar kalau tidak ingin terombang-ambing kesana kemari. Rasanya sakit loh kalau diombang-ambing tanpa arah, apalagi digantung perasaan ini *eh.

Namun terowongan gravitasi tersebut hanya sebatas teori. Karena faktanya belum ada manusia yang mampu menggali Bumi dari satu sisi ke sisi lainnya lagi.

Beberapa proyek ambisius lainnya untuk menembus Bumi pernah dilakukan. Dikutip dari bibliotika.com (5/11/2017) pengeboran lain juga dilakukan laut Kaspia, dan mencapai kedalaman yang setara dengan yang terjadi di Peninsula. Kemudian ada pula pengeboran yang ditujukan untuk keperluan riset, di Bertha Rogers, Oklahoma, Texas, dengan kedalaman 9.583 meter.

Selain di darat, manusia juga dapat melakukan pengeboran di laut. Biasanya dengan mendirikan pangkalan bor di laut, yang biasa disebut rig, atau mengebor melalui kapal. Joint Oceanographic Institute, lembaga yang bergerak dalam bidang penelitian ilmiah, pernah melakukan pengeboran di laut Kaspia dengan menggunakan kapal Joides Resolution yang memiliki tujuh lantai.

Sejauh ini rekor terdalam menggali Bumi sampai 12 km di Peninsula. Dan belum ada yang berhasil menembus Bumi ini. Entahlah kalau dimasa depan. Kalau sekarang dan dengan teknologi sekarang, jangan mimpi deh untuk menggali Bumi sampai tembus kesisi lainnya. Anggap saja seperti dongeng sebelum tidur.
CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga