Friday, July 17, 2020

Mengenal Rahasia Awet Muda ala Suku Hunza

Wanita suku Hunza - wikimedia

Suku Hunza mendiami wilayah kaki pegunungan Himalaya, Kashmir-Pakistan. Orang-orang ini tinggal di wilayah yang sangat terpencil di dunia, menerapkan kebiasaan gaya hidup sederhana yang memungkinkan mereka menikmati kesehatan secara keseluruhan dan rentang usia hingga mencapai 145 tahun!

faktor utama yang membuat mereka sehat dan panjang umur adalah jenis makaan yang di konsumsinya. Serta gaya hidup dan kehidupan sosial yg damai disekitarnya. Lalu bagaimana mereka menerapkan hidup sehat meraka? Kamu pasti ingin tahu atau bahkan akan menirunya ya.. :). Baiklah mari kita bongkar rahasia hidup sehat Suku Hunza, Suku tersehat di Dunia. Berikut ini Cara Hidup Sehat ala Suku Hunza, Suku Tersehat di Dunia:

Makanan alami dan Vegetarian


Gizi (Makanan) sehari-hari orang Suku Hunza terdiri dari biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan dan umbi-umbian. Gizi nabati murni, memelihara saluran (Nadi) tubuh tetap bersih dan lapisan dalam tetap utuh tidak berkarat. Hal inilahyg membuat umur rata-rata suku Hunza mencapai 200 tahun.

Begitu juga dengan cara mendapatkan makanan-makanan yang mereka konsumsi hampir 100% adalah alami (Herbal). Padi, Jagung, Tanaman,palawija dan lain-lainnya tidak pernah mereka berikan pupuk, atau insektisida yang mengandung racun. Mereka (Hunza) ini adalah vegetarian sejati. Rata-rata, mereka mengkonsumsi 350 gram karbohidrat, 50 gram protein, dan35 gram lemak per hari. Menu favorit mereka adalah aprikot, gandum, tomat, mentimun, labu, dan kacang kedelai.

Ketenangan Jiwa


Pada umumnya suku Hunza suka hidup bertoleransi, membagi dan pemerhati untuk sesama. mereka tidak ingin hidup berlebihan, kesederhanaan terpancar dari relung kehidupan dan realitas, bahkan mereka lebih senang hidup membantu dan bergotong royong dalam segala hal. aplikasi seperti ini sering mereka lakukan dimana saja, kapan saja, tanpa mengenal waktu serta keadaan.

Hal ini yang membuat kedamaian jiwa mereka. Pikiran menjadi tenang, hidup serasa tanpa beban. Pikiran tenang membuat mereka mudah untuk memecahkan permasalahan hidup. Dengan begitu mereka jarang sekali terserang atau bahkan tidak ada penyakit. Karena penyebab penyakit timbul hampir 45% adalah dari bathin/fikiran.

Mencintai Alam


Orang-orang Hunza pada umumnya senangdan gemar menjaga alam. Hidup mereka jauh dari hal-hal yang merusak alam. Mereka tidak senang dengan polusi udara, dll. Udara yang mereka hirup setiap detik, air yang mereka minum tiap haus, adalah benar-benar alami.

Olahraga dan Bekerja


Suku Hunza ini bebas dari yang namanya obesitas karna mereka rajin keladang. Ketahanan fisik yg hebat didapat dari seringnya mereka mencangkul dan meneluri bukit. Intinya suku Hunza ini berjalan kaki menuju tempat kerja. Hal inilah yg menjadi kebiasan olahraga sambilbekerja. Beda dengan keadaan orang perkotaan yang suka pergi kemana-mana naik kendaraan bermotor.

Kehidupan sosial yang damai


Suku Hunza telah terkenal dgn kebiasaan mereka yang suka membantu sesamanya. Mereka sangat bersahabat dengan semua anggota masyarakat maupun pendatang. Dan kehidupan berbagi yg baik, Disana tidak ada orang yang terlalu kaya. Sehingga mereka tidak mencemaskan harta dan kekayaan.

Aturan dalam tatanan sosial suku Hunza mengharamkan jual-beli tanah milik mereka. Selain itu, budaya “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing” juga diterapkan dengan benar. Orang yang memiliki sepuluh ekor sapi tidak akan ragu untuk membagikan lima ekor miliknya untuk membantu menggarap ladang orang lain.
loading...
Previous Post
Next Post