Tuesday, June 16, 2020

Siapa Orang Pertama yang Pertama Kali Ngeblog ? Gue Bukan Sih !

Saya sebenarnya sudah membuat blog dari tahun 2013, kalau gak salah. Namun gak konsisten ngeblog hingga kini, hehe. Jika dibanding agan-agan blogger lainnya yang sudah lebih dulu ngeblog, mungkin saya entah kesekian kalinya yang punya blog. Tahukah kamu orang pertama yang punya blog? Siapa blogger pertama di dunia?

Telusur dan telusur gelar blogger pertama di dunia ini agaknya terpecah belah. Di duga ada 2 orang yang diyakini sebagai para suhu yang mulai melakukan aktifitas ngeblog untuk pertama kali.

Menurut beberapa referensi yang saya baca, disebutkan bahwa John Barger, seorang warga Amerika Serikat sebagai blogger pertama di dunia.

Barger dengan blognya yang bernama Robot Wisdom tercatat sebagai blogger pertama di dunia yakni pada 17 Desember 1997.

Barger pula yang menciptakan istilah weblog untuk mendefinisikan apa yang sekarang disebut blogging. Istilah pendeknya blog diciptakan oleh Peter Merholz pada 1999. Peter memecah kata weblog menjadi we blog di sidebar blognya, peterme.com. Selanjutnya, Evan Williams pada Pyra Labs menggunakan istilah blog sebagai kata benda maupun kata kerja yang mengarah pada aktivitas blogging.

Namun, agaknya gelar John Barger sebagai blogger pertama di dunia akan terhapus setelah ditemukannya fakta baru, bahwa orang yang pertama kali melakukan aktivitas blogging di dunia adalah seorang Mahasiswa yang kemudian menjadi wartawan Amerika Serikat bernama Justin Hall.

Hall membuat website pribadinya Justin's Home Page pada tahun 1994 (tiga tahun sebelum John Barger). Pada Desember 2004, New York Times Magazine menyematkan julukan pada Justin Hall sebagai

"the founding father of personal blogging atau pendiri blog pribadi."

Jadi siapa blogger pertama di dunia?



Jika melihat data, gelar blogger pertama dunia memang pantas disematkan pada Justin Hall. Namun gak adil jika kita menghapus nama Jhon Barger dari jajaran orang pertama yang menjalankan aktifitas ngeblog.

Yasudah agar adil, Justin Hall yang menjadi blogger pertama. Sementara Jhon Barger sebagai orang pertama yang mencetuskan istilah weblog, cikal bakal istilah blog.

Dan pada akhirnya siapapun yang menjadi blogger pertama di dunia memang pantas di ganjar penghargaan, entah itu hanya ceremonial saja. Blogger-blogger baru juga bukan berarti merasa minder. Karena gak peduli siapa yang memulai duluan ngeblog. Terutama dari blog itu sejauh mana manfaat dari konten blog tadi dan seberapa konsisten ngeblognya.

Sumber:

http://rodame.com/sejarah-blog-di-dunia/

http://www.jurnalrozak.web.id/2015/01/perkara-blogger-pertama-di-dunia.html

loading...
Previous Post
Next Post