Skip to main content
Pegipegi kereta api
afiliasi Accesstrade

Mengapa Manusia Bernafas Menghirup Oksigen?



Menit ini, detik ini ketika kamu sedang membaca tulisan ini, tentu kamu juga lagi bernafas. Eh iya lah, gue nulis apaan sih?

Oke, ngomongin nafas tentu erat kaitannya dengan oksigen. Setiap menitnya, rata-rata manusia menghirup sekitar 8 Liter udara, sebanding dengan volume 4 botol air mineral 2L. Jika dihitung, dalam sehari, rata-rata manusia membutuhkan sekitar 550 Liter oksigen. Ini sebanding dengan volume 275 botol air mineral 2L. Jika kita melakukan olah raga dan aktifitas berat lainnya, maka jumlah oksigen yang dibutuhkan akan lebih besar lagi.

Pertanyaannya dari sekian banyak unsur udara di alam, semisal helium, nirtrogen, karbonioksida dan lainnya. Mengapa oksigen yang dihirup oleh manusia? Mengapa manusia membutuhkan oksigen untuk mengarungi hidupnya?

Jadi selama kita masih hidup, oksigen amat dibutuhkan. Fungsinya dalam tubuh ialah untuk pembakaran dalam tubuh sehingga terbentuk energi guna mendukung berbagai aktivitas didalamnya. Sederhananya fungsi oksigen pada manusia, sama seperti untuk membakar kayu dan menghidupkan mobil.

 Di sinilah oksigen digunakan untuk pembakaran. Secara sederhananya, oksigen digunakan untuk membakar molekul gula (glukosa) menghasilkan karbon dioksida, air, dan ATP (Adenosine Tri-Phosphate, adenosin-tiga-fosfat). ATP inilah energi yang dimaksud.

ATP yang dihasilkan kemudian digunakan pada berbagai proses yang terjadi di dalam sel untuk berkembang dan bertahan hidup. Jika tidak ada oksigen, maka ATP tidak akan terbentuk sehingga berbagai proses di dalam sel tidak akan berlangsung. Hal ini akan menyebabkan kematian sel dan juga manusia itu sendiri. Karbon dioksida yang dihasilkan dari proses pembakaran tadi diambil oleh sel darah merah untuk dikirim ke paru-paru dan dilepaskan ke udara.

Sumber: anakbertanya.com

Comments

  1. Teringat pelajaran biologi pernafasan aerob dan anaerob
    Hehe tapi juga betul diisi oleh oksigen karna manusia memang cocoknya sama O2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diisi pertamax baru gk cocok ya mas :D

      Delete

Post a Comment

damn! i love indonesia
loading...