Sunday, December 6, 2020

Apa, Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Mata Rabun


Mata adalah panca indera yang berguna untuk melihat. Sangat pentingnya mata, banyak orang yang sibuk untuk merawat kesehatan mata. Karena Mata sering terkena berbagai penyakit.

Salah satu penyakit atau gangguan penglihatan mata yaitu Mata rabun atau mata minus biasa di sebut rabun jauh. Rabun jauh adalah gangguan pengliatan pada mata yang menyebabkan mata sulit melihat objek yang berada dalam jarak jauh. Dan sepertinya saya juga sudah mulai terkena mata minus.

Sebenarnya, Apa yang menyebabkan mata rabun jauh?

1. Kurang mengonsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata

2. Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Seperti : membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.

3. Sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor.

4. Banyak mengonsumsi gula yang terlalu banyak. Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula. Ternyata makanan manis dapat berpengaruh pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.

5. Terlalu sering berada didepan layar televisi maupun komputer. jika anda terlalu sering menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus apalagi jika anda terlalu dekat berada didepan layar komputer dan televisi. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk mata.

6. Faktor keturunan juga tetap berperan namun bukan penyebab utama.

Cara mencegah Mata rabun jauh
nah, lebih baik mencegah dari pada mengobati..

1. Berilah jarak yang cukup antara mata dengan objek yang dilihat baik saat membaca atau menggunakan komputer.

2. Gunakan pencahayaan yang cukup terang dan jangan membaca dalam suasana remang atau redup.

3. Sebaiknya tidak membaca sambil tiduran, karena posisi ini akan membuat mata cepat capek akibat jarang pandang yang berubah-ubah membuat mata menjadi tidak fokus.

4. Usahakan jangan terlalu lama berada di depan komputer, sebaiknya setiap dua jam sekali mata diistirahatkan dengan cara memejamkan mata selama 10 menit atau melihat pemandangan yang hijau selain layar komputer.

5. Mengurangi makanan yang tinggi protein karena diduga bisa menambah minus pada mata.

6. Mengosumsi segala jenis sayuran dan buah-buahan.

Cara mengobati dan mengurangi Mata rabun jauh
kalau sudah terlanjur terkena rabun jauh, berikut ini cara menguranginya:

1. Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti berada di ruangan yang sempit. Lakukan hal ini jika anda masih dapat melihat dengan jelas walau tanpa kacamata.

2. Latih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Sebagai contoh, anda dapat pergi ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.

3. Latih mata untuk melihat benda yang bergerak. Sebagai contoh, saat anda berada di jalan raya, amatilah motor yang berlalu lalang di depan anda. Telusuri dan perhatikan tiap gerakannya, usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.

4. Mengobati mata minus dengan terapi daun sirih. Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakkan terapi ini secara rutin.

5. Apabila anda bekerja menggunakan komputer, pastikan monitor anda bekerja dengan baik. Selain itu, setiap 30 menit melihat monitor komputer yang menyala, anda harus melihat objek lain seperti keyboard, atau memandang ke luar jendela.

6. Terapi lilin. Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata anda. Caranya sederhana, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.

7. Bersihkan mata secara rutin, bisa menggunakan tetes mata.

8. Memakai kacamata saat berkendara. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.


Postingan lama di Blogdetik. Konten mungkin saja tidak relevan dengan saat ini. Sangat dianjurkan mengikuti saran tenaga kesehatan, daripada tulisan blog ini

CryptoTab Browser menambang online Bitcoin, penghasilan Btc gratis
Previous Post
Next Post

Aku orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, namun lumayan ramah Twitter @riandaprayoga